Jumat, 18 Agustus 2023 18:31 WIB

Pelantikan 103 Pejabat Fungsional dan PPPK di Lingkungan Ditjen Yankes

Responsive image
ant/rfs - Sekretariat Direktorat Jenderal Pelayanan Kesehatan
252

Jakarta (18/08) - Direktur Jenderal Pelayanan Kesehatan dr. Azhar Jaya, SH, SKM, MARS melantik 103 Pejabat Fungsional, dan Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) di Lingkungan Direktorat Jenderal Pelayanan Kesehatan. Acara yang berlangsung secara Luring dan Daring tersebut, dilaksanakan di Ruang Rapat 406, Lantai 4, Gedung Adyatma, Kementerian Kesehatan Jakarta.

Pada kesempatan tersebut dilantik sejumlah pejabat Fungsional dan PPPK dengan rincian, Jenjang Utama 11 Orang, Jenjang Madya 10 Orang, Jenjang Muda 11, Jenjang Pertama 1 Orang, Jenjang Terampil 11 orang, serta 2 orang pejabat fungsional dari lingkungan Sekretariat Jenderal Kemenkes RI. Turut menjadi saksi pelantikan adalah Sekretaris Direktorat Jenderal Pelayanan Kesehatan dr. Andi Saguni, MA dan Direktur Fasilitas Pelayanan Kesehatan dr. Aswan Usman, M.Kes.

dr. Azhar Jaya, SH, SKM, MARS dalam sambutannya menyampaikan dalam upaya mewujudkan Transformasi Kesehatan, Kementerian Kesehatan sangat membutuhkan sumber daya yang sangat memadai dan harus dikelola dengan baik untuk dapat menghasilkan kinerja operasional dan keuangan yang efektif dan efisien. Salah satu sumber daya yang dimiliki adalah sumber daya manusia yang bila dilihat dari segi jumlah, jenis, dan kompetensi sangat beragam dan cukup banyak. Untuk itu pengelolaan SDM ini memiliki peranan sangat penting dan mendasar dalam upaya meningkatkan tata kelola Organisasi.

Transformasi di bidang SDM, besar dampaknya dalam mewujudkan transformasi sistem kesehatan Indonesia secara keseluruhan. Sehingga, seluruh aspek dan level SDM, baik di level manajerial maupun klinis, menjadi aspek penting dalam meningkatkan kinerja Organisasi dan mewujudkan cita-cita mulia transformasi sistem kesehatan Indonesia.

Untuk mencapai hal tersebut, pada awal 2023 pemerintah melakukan transformasi pengelolaan jabatan fungsional yang diharapkan mendorong pemerintahan yang akuntabel, bersih, efektif, efisien, dan berkualitas. Transformasi tersebut menuntut perubahan pola pikir pejabat fungsional yang awalnya berorientasi pada angka kredit menjadi berorientasi pada kinerja, sehingga membuat Aparatur Sipil Negara menjadi lebih lincah, dinamis, produktif, dan memiliki dampak langsung pada indikator kinerja institusi.

Pada akhir sambutannya, Dirjen Pelayanan Kesehatan berpesan kepada seluruh pejabat dan pegawai yang dilantik untuk dapat segera mengimplementasikan ilmu dan kompetensi yang dimiliki serta mengerahkan semua daya dan upaya dalam mendorong tercapainya Capaian Kinerja Organisasi. (ant/rfs)