Kamis, 10 Agustus 2023 16:17 WIB

Edukasi Pencegahan Stroke di Poliklinik RSPON Prof. Dr. dr. Mahar Mardjono Jakarta,

Responsive image
Ratna-Humas - RS Pusat Otak Nasional Prof. Dr.dr.Mahar Mardjono Jakarta
214

Jakarta (10/08) - Stroke atau serangan otak, terjadi ketika aliran darah ke bagian otak terhalangi atau ketika pembuluh darah otak pecah, sehingga bagian otak menjadi rusak atau mati. Kerusakan otak akibat stroke dapat menyebabkan kecacatan sampai kematian. Penyebab stroke ada yang tidak bisa dikontrol yaitu genetik, jenis kelamin, usia dan ras dan ada yang bisa dikontrol yaitu hipertensi, penyakit jantung, merokok, fibrilasi atrium, dislipidemia, obesitas, gangguan koagulasi, diabetes melitus,kondisi inflamasi, infeksi dan pasien dalam terapi hormon. 

Berdasarkan penyebab yang bisa dikontrol, Masruroh Mastin, S.Gz dalam paparannya dalam edukasi
pada hari Kamis, 10 Agustus 2023 di poliklinik lantai 2 Gedung A Rumah Sakit Pusat Otak Nasional Prof. Dr. dr. Mahar Mardjono Jakarta, menyatakan bahwa pola makan dan pola hidup tidak sehat biasanya disebabkan oleh kandungan Natrium yang tinggi pada makanan terutama makanan olahan dan kemasan, kandungan lemak jenuh, kolesterol dan karbohidrat yang terlalu tinggi pada makanan, makanan berlebih, aktivitas fisik rendah, tidur bergadang, stress tinggi, merokok serta konsumsi minuman beralkohol. Untuk pencegahan stroke maka lakukan perubahan pola makan sehat dan seimbang yaitu dengan mengkonsumsi bahan makanan alami dengan pembagian porsi makanan lauk 1/3 dari setengah piring, buah 1/3 dari setengah piring, makanan pokok 2/3 dari setengah piring serta sayuran 2/3 setengah piring. Hindari makanan olahan serta meningkatkan aktivitas fisik secara rutin.

Apt. Azmi Rohaya, M.Si mengatakan bahwa penting pasien dan keluarga pasien memperhatikan
prinsip penggunaan terapi obat yaitu DAGUSIBU (DApatkan obat dengan benar, Gunakan obat dengan benar, BUang obat dengan benar serta Simpan obat dengan benar). Obat merupakan zat yang digunakan untuk pencegahan dan penyembuhan penyakit serta pemulihan dan peningkatan kesehatan bagi penggunanya. Setiap obat memiliki manfaat, namun juga mempunyai efek samping yang merugikan. Oleh karena itu, gunakanlah obat sesuai dengan aturan pakai. Selalu informasikan ke Apoteker bila pasien memiliki riwayat alergi obat, sedang hamil atau menyusui, mengkonsumsi obat lain yang tidak ada dalam resep yang akan ditebus serta mengkonsumsi suplemen, jamu atau herbal.

Artikel dan video ulang edukasi ini juga dapat di lihat ulang secara lengkap di :
https://www.youtube.com/watch?v=L_F2n6zZaVg
Ikut informasi terbaru mengenai layanan kami di :
https://www.instagram.com/rumahsakitotak/