Selasa, 08 Agustus 2023 15:49 WIB

Pelatihan Keperawatan Intensif Pada Anak (PICU) Tahun 2023

Responsive image
Humas - RSUP dr. Kariadi Semarang
695

Semarang (07/08) - Pediatric Intensive Care Unit (PICU) merupakan ruang perawatan untuk anak dengan kondisi kritis. Anak yang dirawat di ruang tersebut adalah anak yang mengalami gangguan kesehatan yang cukup serius dimana telah dilakukan pemeriksaan diagnostik sehingga mengharuskan anak dirawat di ruangan intensif. (Norton & Westwood, 2012).

Bertambahnya jumlah rumah sakit menyebabkan setiap rumah sakit dituntut untuk memiliki pelayanan yang berkualitas. Salah satunya adalah dengan memiliki pelayanan PICU. Ruang Perawatan Intensif ini membutuhkan banyak tenaga keperawatan profesional yang terlatih sesuai dengan standar pelayanan Ruang Intensif. Dan untuk memenuhi standart itu RSUP Dr. Kariadi Semarang, menyelenggarakan “Pelatihan Keperawatan Intensif Pada Anak (PICU)”.

Pelatihan ini dimulai sejak tanggal 7 Agustus – 6 Oktober 2023. Diikuti oleh 20 peserta yang seluruhnya berasal dari luar RSUP Dr. Kariadi. Plt. Direktur SDM, Pendidikan dan Penelitian, dr. Nurdopo Baskara, Sp.Rad(K) yang membuka pelatihan ini dalam sambutannya berharap agar seluruh peserta dapat mengikuti pelatihan dengan sungguh-sungguh. Dan setelah mengikuti pelatihan diharapkan seluruh peserta mampu melakukan asuhan keperawatan intensif anak level intermediate sesuai dengan pedoman kualifikasi kompetensi dan rincian kewenangan klinis perawat PICU.