Selasa, 18 Juli 2023 15:37 WIB

Optimalisasi Tangani Diabetes: RSCM Kerja Sama dengan Joslin Diabetes Center, Amerika

Responsive image
Yogi/Humas - RSUP dr. Cipto Mangunkusumo Jakarta
255

Jakarta (14/06) - RSUPN Dr. Cipto Mangunkusumo (RSCM) terus melakukan inovasi dan upaya pengembangan layanan kesehatan demi memenuhi kebutuhan pelayanan kesehatan yang paripurna bagi masyarakat Indonesia. Hal ini sejalan dengan dengan salah satu misi RSCM yaitu memberikan pelayanan kesehatan paripurna dan profesional berstandar internasional. Kerjasama RSCM dan Joslin Diabestes Center resmi ditandatangani 14 Juli 2023 di Jakarta.

Menurut Kementerian Kesehatan, sebanyak 10,9% penduduk Indonesia menderita diabetes, dan berisiko tinggi mengalami berbagai macam komplikasi, termasuk kardiovaskuler (penyakit jantung dan pembuluh darah) jika tidak ditangani dengan tepat. Rumah sakit memainkan peran penting dalam mencegah komplikasi tersebut dengan memberikan layanan berkualitas tinggi kepada pasien. 

Salah satu realisasi yang dilakukan saat ini yaitu dibukanya layanan Advanced Diabetes Center (ADC) pertama di Indonesia. ADC RSCM resmi beroperasional di Central Medical Unit (CMU) 3 atau RSCM Kanigara. Pengembangan layanan ADC dilakukan melalui kerja sama dengan Joslin Diabetes Center yang berpusat di Boston-Amerika. Kedua institusi sudah berkolaborasi sejak Desember 2022 untuk meningkatkan kemampuan perawatan diabetes di Indonesia. Tahap awal kerjasama akan dilakukan penilaian, observasi, analisa, dan memberikan rekomendasi untuk mengembangkan Pusat Keunggulan Diabetes yang menyelenggarakan pelayanan yang terpusat dan terpadu, serta berkolaborasi dalam penyusunan pedoman dan standar perawatan untuk pasien diabetes di Indonesia. 

Tim Joslin Diabetes Center mengadakan kunjungan ke RSCM pada tanggal 14-17 Juli 2023 dan membahas mengenai teknis pelayanan kesehatan terhadap pasien diabetes secara holistik, mulai dari pemberian edukasi dan nutrisi terhadap pasien diabetes, pembedahan bariatrik, hingga utilisasi IT dan administrasi pelayanan. Pada hari pertama kunjungan, dilakukan symposium yang menghadirkan Menteri Kesehatan dalam memberikan sambutan, serta mengundang tim Joslin Diabetes Center sebagai pembicara panel terkait bagaimana mengembangkan pelayanan diabetes yang paripurna. Symposium ini juga mengundang 14 rumah sakit pengampu diabetes nasional, organisasi profesi, tenaga kesehatan, serta professional yang bekerja di bidang manajemen pelayanan medis. 

“RSCM mendapat tugas untuk menjadi pengampu secara nasional untuk diabetes, karna diabetes ini mother of all diseases. Jadi kalau sudah kena diabetes itu bisa lari ke penyakit ginjal, jantung, stroke, dan penyakit-penyakit lainnya. Tugasnya teman-teman di RSCM adalah memastikan kita bisa menyusun jaringan layanan mulai dari yang paling bawah, yakni mulai Puskesmas sampai levelnya RSCM," ucap Budi Gunawan Sadikin selaku Menteri Kesehatan RI pada saat konferensi pers. Hal senada juga dungkapkan oleh Plt. Direktur Utama RSCM yaitu dr. Lies Dina Liastuti, yang menyatakan bahwa RSCM sangat bangga bermitra dengan Joslin Diabetes Center, Kementerian Kesehatan mengamanatkan rumah sakit kami untuk menjadi rujukan nasional dalam perawatan penyakit diabetes. Kerjasama ini akan memandu kami untuk melaksanakan mandat tersebut. Semoga setiap pasien yang berkunjung ke rumah sakit kami dapat merasakan pelayanan perawatan diabetes berstandar internasional. 

Tujuan diadakannya kerjasama ini yaitu agar pihak Joslin dapat menyediakan keahlian teknis dan klinis, serta dukungan dan pengawasan berkelanjutan kepada tim yang menerapkan dan mengelola semua aspek kerjasamadalam menjadikan RSCM sebagai Diabetes Center of Excellence.

Tim akan berusaha untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan. Dengan adanya layanan Advanced Diabetes Center RSCM ini, diharapkan mampu meningkatkan kualitas hidup pasien diabetes dan RSCM bisa menjadi pengampu bagi seluruh rumah sakit yang ada di Indonesia.