Jumat, 07 Juli 2023 14:00 WIB

Diet Sehat Pasca Stroke Oleh Zulaikhah Atyas Permatasari, S.Gz Nutrisionis Rumah Sakit Pusat Otak Nasional Prof. Dr. dr. Mahar Mardjono Jakarta

Responsive image
Teguh - RS Pusat Otak Nasional Prof. Dr.dr.Mahar Mardjono Jakarta
198

Jakarta (07/07) - Bertempat di Ruang Tunggu Lt. 2 Poli Rawat Jalan Rumah Sakit Pusat Otak Nasional Prof Dr dr Mahar Mardjono Jakarta, Zulaikhah Atyas Permatasari, S.Gz sebagai salah satu nutrisionis menyampaikan edukasi mengenai “Diet Sehta Pasca Stroke”.

Zulaikhah Atyas Permatasari, S.Gz atau yang lebih akrab disapa Mbs Tyas menyampaikan bahwa Modifikasi Gaya Hidup menjadi  salah satu komponen penting manajemen faktor risiko vaskuler selain kontrol terhadap obesitas,  tekanan darah, gula darah, dan profil lipid/lemak. Gaya hidup meliputi: Diet, Aktivitas fisik cukup, Berhenti merokok, Berhenti konsumsi minuman beralkohol. Hal tersebut dimaksudkan untuk mempercepat proses rehabilitasi.

Untuk melakukan modifikasi tekstur disesuaikan berdasarkan kemampuan pasien, Alat dibutuhkan untuk modifikasi tekstur makanan  seperti blender, chopper, pisau dan Minuman/cairan  biasa diberikan pengental untuk menyesuaikan konsistensi. Pada fase transisi makan, Hati-Hati pada Tekstur Makanan dengan Risiko Tersedak :

Dengan dilakukannya edukasi untuk pasien mengenai diet pasca stroke diharapkan pasien maupun keluarga pasien dapat lebih mengerti serta diaplikasikan untuk pemenuhan makanan pasien sehingga pasien mendapatkan kanudngan gizi yang seimbang dengan memperhatikan tekstur makanan yang akan disajikan