Selasa, 04 Juli 2023 12:42 WIB

Pelatihan Dialisis Bagi Perawat di Rumah Sakit dan Klinik Khusus Dialisis

Responsive image
Humas - RSUP dr. Kariadi Semarang
959

Semarang (03/07) - Pelayanan kesehatan yang berkualitas tinggi sangat penting untuk memastikan kesejahteraan pasien. Salah satu aspek dalam perawatan pasien dengan penyakit ginjal kronis adalah pelaksanaan dialisis. Secara epidemiologi, kecenderungan penyakit ginjal dan hipertensi yang dulu sebagian besar ada pada golongan masyarakat menengah ke atas, sekarang sudah bergeser hingga masyarakat di daerah. Oleh karena itu, sangat perlu untuk mendekatkan pelayanan ginjal intensif bagi pasien-pasien yang menjalani hemodialisis reguler, ke beberapa rumah sakit di tingkat Kabupaten yang telah dilengkapi unit hemodialisis.

Berdasarkan hal tersebut, RSUP Dr. Kariadi mengadakan pelatihan dialisis bagi perawat pelaksana unit hemodialisis di Rumah Sakit dan Klinik Khusus Dialisis untuk meningkatkan pengetahuan, keterampilan, dan kepercayaan diri perawat dalam menyediakan perawatan dialisis yang optimal bagi pasien. Pelatihan ini dilaksanakan di Diklat RSUP Dr. Kariadi dan berlangsung mulai tanggal 3 Juli – 16 November 2023. Metode pelatihan yang digunakan adalah penyampaian materi, diskusi dan tanya jawab, serta praktik lapangan.

Sejumlah 25 peserta yang berasal dari Rumah Sakit maupun Klinik Khusus Dialisis hadir dalam pelatihan ini. Setelah mengikuti pelatihan diharapkan seluruh peserta mampu memberikan asuhan keperawatan dialisis di Rumah Sakit dan Klinik Khusus Dialisis sesuai dengan kewenangannya.