Jumat, 16 Juni 2023 07:54 WIB

Pelatihan Manajemen Linen bagi Pengelola Binatu di Rumah Sakit

Responsive image
HAI’s - RSUP dr. Kariadi Semarang
344

Semarang (13/6) - Standar Pencegahan Pengendalian Infeksi yang tertuang dalam Pedoman Pencegahan dan Pengendalian Infeksi di Fasilitas Pelayanan Kesehatan menyatakan bahwa penatalaksanaan linen yang sudah digunakan harus dilakukan dengan hati - hati (PMK 27 Tahun 2017 Halaman 52). Unit Binatu sebagai salah satu unit yang memberikan pelayanan penunjang khususnya pelayanan linen pasien mulai dari linen kotor sampai dengan pencucian dan siap pakai, memiliki fungsi yang salah satunya adalah memutus mata rantai (break of chain infection) yang penting dalam pengendalian infeksi. 

Berdasarkan hal tersebut, untuk meningkatkan pengetahuan dan ketrampilan dalam pengelolaan linen di Rumah Sakit, RSUP Dr. Kariadi mulai tanggal 13 s.d 16 Juni 2023, mengadakan Pelatihan Manajemen Linen bagi Pengelola Binatu di Rumah Sakit. Pelatihan ini diikuti oleh 29 peserta yang merupakan pengelola / petugas binatu maupun linen di Rumah Sakit, dengan menerapkan metode pelatihan di kelas (pemberian materi, diskusi, tanya jawab) serta praktek lapangan. 

Seluruh narasumber dan fasilitator berasal dari RSUP Dr. Kariadi. Setelah mengikuti pelatihan diharapkan seluruh peserta mampu menyusun rencana strategis bisnis binatu Rumah Sakit, menerapkan budaya K3 dalam pengelolaan linen, serta menjelaskan peran binatu dalam pencegahan dan pengendalian infeksi di Rumah Sakit .