Jumat, 16 Juni 2023 00:47 WIB

Peringatan Hari Donor Darah Sedunia Tahun 2023

Responsive image
ant/rfs - Sekretariat Direktorat Jenderal Pelayanan Kesehatan
876

Jakarta (15/06) –  Memperingati Hari Donor Darah Sedunia yang diperingati Setiap tanggal 14 Juni, Kementerian Kesehatan RI melalui Dharma Wanita Persatuan (DWP) Kementerian Kesehatan RI, menyelenggarakan kegiatan Donor Darah di Lingkungan Kementerian Kesehatan. Ibu Ida Rachmawati Budi Gunadi Sadikin, selaku Dewan Pembina Dharma Wanita Persatuan (DWP) Kementerian Kesehatan RI berkesempatan membuka secara resmi Kegiatan Donor Darah kali ini. Direktur Pelayanan Kesehatan Primer dr. Obrin Parulian, M.Kes beserta Ibu Sri Hartanti Azhar selaku Ketua DWP Direktorat Jenderal Pelayanan Kesehatan turut hadir dan memberikan sambutan dalam kegiatan tersebut.

Pelayanan donor darah kali ini dibuka melalui pendaftaran online maupun langsung. Acara ini disambut baik oleh pegawai Kemenkes maupun masyarakat umum. Pelayanan donor darah ini difasilitasi oleh para petugas dari UTD PMI Pusat, UTD RSUPN Dr Cipto Mangunkusumo Jakarta, UTD RSUP Fatmawati Jakarta, dan UTD RS Kanker Dharmais.

Menurut standar Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), setiap negara seharusnya memiliki persediaan darah minimal 2 persen dari jumlah penduduknya. Dengan jumlah total penduduk Indonesia yang mencapai 275 juta jiwa per tahun 2022, idealnya ada sekitar 5,5 juta kantong darah total/tahun yang tersedia baik di UTD PMI maupun UTDRS. Sayangnya, saat ini hanya tersedia rata-rata 4 juta kantong darah per tahun, dengan 90 persennya berasal dari donor darah sukarela, dan sisanya dari donor pengganti. Untuk itu Hari Donor Darah Sedunia atau World Blood Donor Daybukan hanya sebuah perayaan global yang memiliki makna yang mendalam bagi kita semua, namun Ini adalah saat di mana kita bersatu sebagai masyarakat yang peduli untuk mendukung penyelamatan nyawa melalui tindakan sederhana, yaitu menyumbangkan darah kita.

Sejalan dengan Tema peringatan Hari Donor Darah Sedunia Tahun 2023 yang mengusung Tema “Berikan darah, Berikan plasma, Bagikan hidup, Bagikan sering”, Direktur Pelayanan Kesehatan Primer dalam sambutannya menyampaikan harapnnya semoga melalui kegiatan donor darah ini, semakin banyak masyarakat yang sadar akan pentingnya berbagi kehidupan kepada mereka yang membutuhkan. “Marilah jadikan hari Donor Darah Sedunia tahun 2023 sebagai momentum untuk menguatkan tekad kita dalam menyelamatkan nyawa dan memberikan harapan bagi mereka yang membutuhkan. Bersama-sama, mari kita jadikan dunia ini tempat yang lebih baik melalui tindakan nyata kita dengan cara mendonorkan darah” tutup dr. Obrin. (rfs/ant)