Sabtu, 10 Juni 2023 11:30 WIB

Podcast “Snack Time” Dalam Rangka Peringatan Rangka Hari Lanjut Usia Nasional Tahun 2023 kolaborasi RSPON Prof. Dr. dr. Mahar Mardjono Jakarta dan PK

Responsive image
Ayu Nadifah - RS Pusat Otak Nasional Prof. Dr.dr.Mahar Mardjono Jakarta
125

Jakarta (08/06) - Bertempat di Studio Mini Puskesmas Kramat Jati, Jakarta timur, diselenggarakan acara Podcast “Snack Time” dalam rangka memperingati Hari Lanjut Usia Nasional Tahun 2023. menghadirkan narasumber dari RSPON Prof. Dr. dr. Mahar Mardjono Jakarta, dr. Ratih Puspa, Sp.N dan dipandu oleh dr Otty Mitha Octariza.

Mengutip dari dinas sosial Riau, Setiap tanggal 29 Mei bangsa Indonesia memperingati Hari Lanjut Usia Nasional (HLUN), peristiwa penetapan tanggal tersebut diinisiasi dari Sidang Badan Penyelenggara Usaha Persiapan Kemerdekaan Indonesia (BPUPKI) pada tanggal 29 Mei 1945 yang memimpin adalah Dr. KRT Radjiman Widyodiningrat sebagai anggota tertua, dengan kearifannya mencetuskan gagasan perlunya dasar filosofis negara Indonesia. HLUN dicanangkan pertama kali secara resmi oleh Presiden Republik Indonesia pada tanggal 29 Mei 1996 di Semarang.

Pengertian dari lansia adalah Pengertian Lanjut usia adalah seseorang yang memiliki usia lebih dari atau sama dengan 55 tahun (WHO, 2013).  Sedangkan Indonesia yang dimaksud dengan lansia adalah seseorang yang telah memasuki usia 60 tahun ke atas. lansia adalah bagian siklus hidup manusia yang hampir pasti dialami setiap orang, yang dapat berdaya guna bagi dirinya, keluarga dan masyarakat. Agar dapat berdaya guna Lansia harus sehat dan dipersiapkan sedini mungkin, serta berada di lingkungan yang mendukung potensi yang dimilikinya.