Senin, 05 Juni 2023 11:17 WIB

Lansia Terawat Indonesia Bermartabat

Responsive image
BW - RS Ortopedi Prof.Dr.R.Soeharso Surakarta
390

Sukoharjo (28/05) - Minggu special untuk masyarakat Solo dan sekitarnya di Car Free Day (CFD), di depan Sriwedari, RSO Prof.Dr.R.Soeharso Surakarta "Memperingati Hari Lansia 2023" di Car Free Day Solo yang diperingati setiap tanggal 29 Mei.

Jelang Hari Lanjut Usia Nasional (HLUN) merupakan upaya penghargaan dan kepedulian terhadap orang lanjut usia (lansia) yang tinggal di Indonesia.

Lansia adalah kategori orang yang telah berusia di atas 60 tahun, sesuai dengan Undang-Undang No. 13 tahun 1998 tentang Kesejahteraan Lansia.

Diawali dengan Senam Sendi Tulang (SenTul) dan dilanjutkan Edukasi tentang Osteosarcopenia oleh Dr. dr. Retno Setianing, SpKFR (K).

"Pertambahan usia pada diri kita , banyak terjadi perubahan pada tubuh karena faktor penuaan. Hal menjadi tua membuat bagian-bagian di tubuh Kita mengalami penurunan fungsi, termasuk salah satunya otot. Itulah alasan mengapa para lansia kehilangan massa ototnya dan membuat dirinya tidak sekuat dulu. Kehilangan massa otot ini disebut dengan sarcopenia", ungkap Dr. dr. Retno Setianing, SpKFR (K).

Selain itu, pengunjung Car Free Day disajikan dengan Deteksi Dini Risiko Jatuh dengan Aplikasi Kenari Jatuh, Pemeriksaan Genggaman untuk Deteksi Sarcopenia dan Pemeriksaan Sit to Stand oleh Tim RSO.

Semoga para lansia selalu sehat dan semangat. "LANSIA TERAWAT INDONESIA BERMARTABAT"