Kamis, 01 Juni 2023 18:57 WIB

Peringatan Hari Lanjut Usia Nasional (HLUN) di RSUP Dr. Kariadi

Responsive image
Humas - RSUP dr. Kariadi Semarang
146

Semarang (30/5) - Lanjut usia (lansia) merupakan suatu fase penting dalam kehidupan manusia. Berbagai perubahan fisik dan psikis mengiringi proses hidup lansia. Kondisi fisik yang mengalami penurunan fungsi membuat lansia lebih rentan dibanding lainnya. Penyakit pada lanjut usia sering timbul tanpa disadari sehingga menjadi suatu kondisi yang buruk. Untuk mencegah hal tersebut diperlukan suatu upaya menjaga kesehatan lansia secara komprehensif mulai promotif, preventif, kuratif dan rehabilitatif.

Merujuk pada hal diatas, dalam rangka memperingati Hari Lanjut Usia Nasional tahun 2023, RSUP Dr. Kariadi menyelenggarakan beberapa kegiatan, diantaranya adalah Dialog Solusi Sehat yang disiarkan secara langsung melalui RRI Pro 1 Semarang, Seminar Kesehatan Online dengan tema “Lansia SMART (Sehat, Mandiri, Aktif dan Produktif), Indonesia Maju”, serta penyuluhan kesehatan serentak di 5 Poli Rawat Jalan oleh tim Geriatri. dr. Bambang Joni Karjono, SpPD, K-Ger, MARS hadir sebagai narasumber pada Dialog Solusi Sehat dan pembicara pada seminar kesehatan online ialah dr. Khairunnisa Ayu Kresnanda, SpPD dengan tema Mengenal Sarkopeni pada Lanjut Usia, dr. Etisa Adi Murbawani, M.Si, Sp.GK(K) yang mengupas tuntas tentang Gizi Tepat pada Lansia Sehat dan dr. Aditya Paramitha Andini, Sp.K.F.R., AIFO-K yang membahas Exercise untuk Mencegah Sarkopenia pada Lansia.

RSUP Dr. Kariadi juga memberikan satu solusi pelayanan lanjut usia melalui Poli Geriatri. Layanan di Poli Geriatri bersifat “one stop service”, yaitu pelayanan lanjut usia dalam satu tempat mulai dari pendaftaran, pelayanan medis dan pelayanan penunjang. Dengan upaya ini diharapkan masyarakat tidak takut untuk datang ke rumah sakit karena kondisi dan situasi yang kondusif dan tetap menjaga keselamatan pasien khususnya usia lanjut.