Senin, 22 Mei 2023 11:37 WIB

RSUP Dr. Kariadi Gelar Penyuluhan Kesehatan, Seminar dan Wellness Exercise (Yoga)

Responsive image
Humas - RSUP dr. Kariadi Semarang
233

Semarang (17/5) - Hipertensi atau darah tinggi merupakan salah satu penyakit yang dikenal dengan “silent killer”. Hal ini disebabkan penderita jarang menyadarinya karena tidak bergejala. Memperingati hari hipertensi sedunia yang jatuh pada tanggal 17 Mei 2023, RSUP Dr. Kariadi menyelenggarakan beberapa kegiatan. Diantaranya adalah penyuluhan untuk pasien rawat jalan di Poli Penyakit Dalam Instalasi Eksekutif dan Seminar Kesehatan yang dilaksanakan secara hybrid, diikuti oleh masyarakat awam serta perwakilan tenaga kesehatan dari masing-masing Instalasi di RSUP Dr. Kariadi.

Penyuluhan tentang hipertensi diberikan oleh dr. Zairullah Mighfaza, Sp.PD. Beliau adalah dokter spesialis penyakit dalam di RSUP Dr. Kariadi. Penyuluhan ini dilakukan pada hari Selasa tanggal 16 Mei 2023 dengan topik “Apakah Tekanan Darah Tinggi (Hipertensi) itu Berbahaya?”. Pasien dan keluarga pasien yang mengikuti tampak sangat antusias, terbukti dalam sesi tanya jawab banyak pasien yang berinteraksi aktif untuk bertanya. Sementara itu seminar kegiatan yang dilakukan pada hari Rabu tanggal 17 Mei 2023 dilaksanakan di ruang aula Gedung Penunjang lantai 6, dengan menghadirkan 3 orang narasumber yang berkompeten dibidangnya, beliau adalah Dr. dr. Dwi Lestari Partiningrum, M.Si.Med, Sp.PD, K-GH, FINASIM , dr. Ayudyah Nurani, Sp.PD, K-GH dan dr. Zairullah Mighfaza, Sp.PD, serta moderator Dr. dr. Lestariningsih, Sp.PD, K-GH, FINASIM. 

Dibuka secara langsung oleh Direktur Utama RSUP Dr. Kariadi, drg. Farichah Hanum, M.Kes, pelaksanaan seminar kesehatan hipertensi yang berlangsung selama kurang lebih 3 jam ini ditutup dengan Wellness Exercise (Yoga) bagi peserta yang mengikuti secara online.