Rabu, 10 Mei 2023 18:02 WIB

Seminar Kesehatan Online World Lupus Day 2023

Responsive image
Humas - RSUP dr. Kariadi Semarang
396

Semarang (10/05) - Lupus Eritematosus Sistemik (LES) atau Systemic Lupus Erythematosus atau yang lebih dikenal dengan penyakit seribu wajah, merupakan penyakit inflamasi autoimun kronis yang belum diketahui secara pasti penyebabnya. Hal ini sering menyebabkan terjadinya kekeliruan dalam mengenali penyakit lupus, hingga dapat menyebabkan keterlambatan dalam diagnosis dan penatalaksanaan lupus.

Dalam rangka memperingati World Lupus Day 2023 yang jatuh tepat pada 10 Mei 2023, RSUP Dr. Kariadi mengadakan seminar kesehatan online untuk awam dengan tema “Kesehatan Lupus Untuk Semua : Being Visible for an Invisible Disease”. Seminar Online ini menghadirkan 4 orang narasumber yaitu dr. Wistiani, M.Si.Med, Sp.A(K), dr. Alini Hafiz, Sp.OG, Subsp.KFM, dr. Soesmeyka Safitri, Sp.KJ(K) dan dr. Rakhmayanti Hellmi, Sp.PD-KR. Seminar ini dibagi menjadi 2 sesi, dimana sesi I membahas tentang Persiapan dan Pemantauan Kehamilan pada Lupus, serta Kewaspadaan Perkembangan Penyakit Lupus pada Anak. Sementara itu di sesi II, pembahasan lebih ditekankan pada Aspek Psikiatri dalam Membantu Mengontrol Aktivitas Lupus dan Deteksi Dini dan Manajemen Terapi Pasien Lupus Dewasa.

drg. Farichah Hanum, M.Kes selaku Direktur Utama RSUP Dr. Kariadi yang membuka acara seminar ini dalam sambutannya menyampaikan RSUP Dr. Kariadi sebagai rumah sakit vertikal dibawah Kementerian Kesehatan memiliki komitmen yang besar pada penyakit lupus. Dan dengan sarana serta prasarana yang dimiliki, RSUP Dr. Kariadi siap memberikan pelayanan terbaik bagi penderita lupus.