Senin, 08 Mei 2023 16:37 WIB

RSHS Peringati Hari Kebersihan Tangan Sedunia 2023

Responsive image
RFU - RSUP dr. Hasan Sadikin Bandung
194

Bandung (05/05) - RSHS ikut memperingati Hari Kebersihan Tangan Sedunia 2023 dengan mengadakan  berbagai kegiatan. Pembukaan rangkaian kegiatan Peringatan Hari Kebersihan Tangan Sedunia ini dilakukan di Lapangan Upacara RSHS.  Acara ini diinisiasi oleh Komite Pencegahan dan Pengendalian Infeksi (PPI)  RSHS.

Cuci tangan adalah cara mencegah penularan infeksi yang mudah , murah dan sudah terbukti secara evidence based. Mencuci tangan itu kelihatannya sepele, namun pentingnya melakukan cuci tangan ini harus kita gaungkan terus menerus.  Demikian dikatakan  Plt Direktur Utama RSHS, dr. Yana Akhmad Supriatna, Sp.PD-KP. MMRS  saat membuka kegiatan peringatan ini. Pada kesempatan ini dr. Yana mengungkapkan apresiasinya kepada penyelenggara acara ini. ‘’Saya mengapresiasi semua pihak atas terselenggaranya kegiatan ini yang cukup beragam kegiatannya. Peringatan ini sebagai pengingat kita kembali akan pentingnya cuci tangan sebagai bagian dari kewaspadaan standar atau universal prevention untuk mencegah infeksi pada pasien kita di rumah sakit maupun pada masyarakat,’’Ungkapnya.

Sementara itu laporannya, Ketua PPI yang juga Ketua Panitia Kegiatan Peringatan Hari Kebersihan Tangan Sedunia 2023 di RSHS, dr. Riyadi, Sp.A(K), M.Kes mengungkapkan bahwa kegiatan pertama yang dilaksanakan adalah  seminar awam  yang dapat diikuti masyarakat umum secara daring  disiarkan dari Klinik Rawat Jalan Lantai 4. Melalui seminar awam ini panitia ingin menyampaikan pesan kepada masyarakat mengenai pentingnya kebersihan tangan untuk mencegah infeksi.

Untuk edukasi, panitia juga mengadakan lomba video edukasi hand hygiene dengan durasi video maksimal 120 detik (2 detik). Melalui lomba video hand hygiene ini diharapkan  semua unit di RSHS dapat berpartisipasi sehingga nanti videonya dapat digunakan secara berkelanjutan untuk mengedukasi masyarakat tentang pentingnya kebersihan tangan.  

Terakhir sebagai penutup rangkaian Peringatan Hari Kebersihan Tangan Sedunia di RSHS, panitia mengadakan seminar medis daring yang ditujukan untuk para nakes. Seminar medis ini menghadirkan nara sumber- nara sumber yang berasal dari Amerika, Australia dan UNICEF . Hal ini sesuai dengan  kampanye 2023 yaitu  untuk berkolaborasi antar negara antar organisasi  untuk meningkatkan hand hygiene untuk meningkatkan pencegahan infeksi dan mengurangi resistensi anti mikroba.