Selasa, 18 April 2023 09:11 WIB

Kemenkes Cek Kesiapan Pos Kesehatan dan Fasilitas Pelayanan Kesehatan Hadapi Masa Mudik Lebaran 2023 di Provinsi Jawa Timur

Responsive image
ANT - Sekretariat Direktorat Jenderal Pelayanan Kesehatan
393

Surabaya (17/04) - Direktur Pelayanan Kesrhatan Primer, dr. Yanti Herman, MH.Kes,  memimpin langsung Tim Pemantauan Pos Kesehatan Jalur Mudik Lebaran 2023. Tim pemantauan pos kesehatan jalur mudik lebaran 2023 kali ini terbagi menjadi 3 rute, Jakarta-Palembang, Jakarta-Surabaya, dan Surabaya-Denpasar. Dalam kesempatan ini dr. Yanti Herman. MH.Kes terjun langsung meninjau kesiapan pos-pos kesehatan, puskesmas, rumah sakit dan  Fasilitas pendukungnya di sepanjang rute dari surabaya hingga denpasar.

Setibanya di surabaya, dr. Yanti beserta tim langsung meninjau pos kesehatan dan posko terpadu di bandara juanda. Kantor Kesehatan Kelas I Surabaya menyiapkan dua klinik di Bandara Internasional Juanda, masing-masing 1 titik di lokasi terminal kedatangan dan keberangkatan, KKP Kelas I Surabaya menyiagakan pula Dokter, Perawat, epidemiolog, sanitiarian dan driver untuk berjaga setiap hari di Bandara Internasional Juanda, sampai sejauh ini terpantau sampai, saat ini sudah tercatat 20.000 pemudik yang tiba di Bandara Internasional Juanda. Menyikapi hal tersebut, KKP Kelas I Surabaya terlah berkoordinasi dengan Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Timur dan Rumah Sakit Rujukan di sekitar Bandara terkait Sistem Informasi Rujukan Terintegasi bila terdapat hal-hal yang tidak diinginkan.

Dari Bandara Internasional Juanda, Selanjutnya tim bergerak ke arah timur menuju rest area 792A tol pasuruan probolinggo. Di rest area 792A, pos kesehatan terpadu dikelola langsung oleh Dinas Kesehatan Kab Pasuruan.  Dinas Kesehatan Kab Pasuruan dalam menghadapi masa Mudik Lebaran 2023, meyiapkan dan menyiagakan 9 Ambulance, 9 Puskesmas, RSUD Grati, RSUD Bangil, serta Publik Safety Center yang siap siaga selama 24 jam.

Beranjak dari rest area 792A, tim melanjutkan perjalanan menuju pos kesehatan exit tol gendingan probolinggo dan diterima langsung oleh Kepala Dinas Kesehatan Kab. Probolinggo. Menjelang berbuka puasa, tim kembali bergerak menuju Puskesmas Paiton yang menjadi salah satu fasilitas kesehatan di jalur pantura probolinggo banyuwangi. Pada masa Mudik lebaran 2023, Dinas Kesehatan Kab Probolinggo, mendirikan 5 Pos Kesehatan di Jalur Mudik dan 2 Pos di Lokasi Wisata Gunung Bromo dan Gunung Argopuro Ecopark. Dinkes Kab Probolinggo tutut pula menyiagakan 38 Ambulans, 33 Puskesmas,  dan 6 Rumah Sakit yang siap siaga selama 24 Jam serta memaksimalkan fungi dan peran PSC 119 Kab Probolinggo.

Setelah meninjau kesiapan faskes di wilayah kab. Probolinggo, tim bergerak melanjutkan perjalanan menuju wilayah kab. Situbondo dan singgah di pos kesehatan SPBU utama raya Kab. situbondo, di lokasi ini, rombongan Direktur Pelayanan Kesehatan Primer diterima langsung oleh Kepala Dinas Kesehatan Kab. Situbondo. Di pos kesehatan ini, dinas kesehatan kab situbondo, tindak hanya menyediakan layanan kesehatan serta vaksinasi, namun pihak dinas kesehatan turut menyiagakan petugas tenaga  penyehat tradisional (hatra) berupa pijat/akupressure untuk melayani pemudik yang kelelahan setelah menempuh perjalanan mudik.

Lima pos Kesehatan telah disiapkan oleh Dinas Kesehatan Kab Situbondo dalam menghadapi masa Mudik Lebaran 2023 kali ini, tiga Rumah Sakit Rujukan turut pula disigakan dalam menghadapi masa Mudik ini, serta menyiagakan ambulan gawat darurat dan PSC untuk membantu bila terjadi hal-hal kegawatdaruratan yang mungkin terjadi dalam masa mudik 2023 di Kab Situbondo.