Sabtu, 15 April 2023 23:16 WIB

Pemantauan Kesiapan Fasilitas Kesehatan di Stasiun Gambir, Pasar Senen, dan Masjid Istiqlal

Responsive image
ant/rfs - Unit Pelayanan Kesehatan Kementerian Kesehatan
454

Jakarta (14/04) – Tim Direktorat Jenderal Pelayanan Kesehatan lakukan peninjauan kesiapan fasilitas kesehatan di Stasiun Gambir, Stasiun Pasar Senen, dan Masjid Istiqlal Jakarta. Dalam rangka menghadapi masa libur dan mudik lebaran Tahun 2023/1444 Hijriah. Tim Ditjen Yankes dipimpina langsung oleh Ketua Tim Kerja Pelayanan Kesehatan Prinmer Lain dan Jaminan Kesehatan Direktorat Pelayanan Kesehatan Primer dan Tim Project Management Officer Ditjen Yankes. Kegiatan ini dilakukan untuk memastikan  pos kesehatan dapat memberi pelayanan maksimal selama mudik.

Kunjungan diawali ke Stasiun Gambir Jakarta, tim Ditjen Yankes diterima langsung oleh Manajer Kesehatan Daerah Operasi I PT.KAI dan Perwakilan dari Suku Dinas Kesehatan Jakarta Pusat. Pos Kesehatan di Stasiun Gambir di kelola langsung oleh PT KAI dan bekerja sama dengan puskesmas gambir. Dalam kesempatan tersebut, tim melakukan pengecekan kesiapan pos kesehatan serta obat-obatan dan alat kesehatan yang tersedia.

Selanjutnya kunjungan dilakukan ke Masjid Istiqlal Jakarta dan Stasiun Pasar Senen Jakarta. Di Masjid Istiqlal Jakarta, tim meninjau kesiapan klinik yang tersedia di Masjid Istiqlal dalam menghadapi masa lebaran kali ini. Di stasiun pasar senen jakarta, tim pengecek kesiapan pos kesehatan milik PT KAI yang tersedia. Dalam kunjungan tersebut turut pula dilakukan pengecekan kesehatan Kondektur  yang akan berdinas mengawal perjalanan kereta.

Pada masa mudik lebaran Tahun ini diperkiraan Potensi pergerakan nasional pada arus mudik adalah 123,8 Juta Orang, dimana terjadi peningkatan 14,2 % jika dibandingkan tahun 2022. Dalam menghadapi hal tersebut Kementerian kesehatan telah melalukan antisipasi dengan melaksanakan Koordinasi kesiapsiagaan menghadapi arus mudik dan balik lebaran harus dilakukan dari tingkat pusat hingga daerah dan meliputi semua sector, antara lain : Ketersediaan Pos kesehatan di pintu exit tol, pos kesehatan di jalur tol dan non tol, tempat wisata, Ketersediaan ambulance roda 4 dan 2 di jalan tol (rest area) di fasilitas pelayanan kesehatan dan PSC 119, Persiapan Puskesmas, RS dan KKP, dan meningkatkan kegiatan Promosi Kesehatan dengan terus mensosialisasikan gerakan 3M. (rfs/ant)