Senin, 03 April 2023 08:39 WIB

Seminar Kesehatan Online Pelayanan Unggulan Cangkok Sumsum Tulang (CST)

Responsive image
Humas - RSUP dr. Kariadi Semarang
365

Semarang (31/03) - Pelayanan transplantasi untuk keganasan sudah menjadi kebutuhan pelayanan kesehatan modern saat ini. Transplantasi atau Cangkok Sumsum Tulang (CST) telah dilakukan sebagai pelayanan untuk beberapa keganasan hematologi diantaranya leukemia, limfoma,
MDS dan multipel mieloma. Cangkok Sumsum Tulang (CST) merupakan suatu prosedur untuk memperbarui sumsum tulang yang rusak dan tidak lagi mampu memproduksi sel darah yang sehat. Prosedur ini dilakukan dengan memasukkan sel punca yang sehat ke dalam tubuh pasien. Sel punca ini diharapkan dapat berkembang dengan baik dan menghasilkan sel-sel darah yang sehat.

RSUP Dr. Kariadi sebagai Rumah Sakit Pemerintah Tipe 1 dibawah Kementerian Kesehatan mengangkat Cangkok Sumsum Tulang (CST) sebagai salah satu layanan unggulan. Oleh
karena itu pada hari Kamis tanggal 30 Maret 2023, dilaksanakan Seminar Kesehatan Online Pelayanan Unggulan Cangkok Sumsum Tulang (CST) dengan menghadirkan narasumber Ketua Tim Cangkok Sumsum Tulang, Dr. dr. Damai Santosa, Sp.PD-KHOM, FINASIM dan dr. Desta Nur Ewika Ardini, Sp.PD. 

Kegiatan seminar yang berlangsung selama kurang lebih 2 jam, dibuka oleh Direktur Pelayanan Medik, Keperawatan dan Penunjang, dr. Agoes Oerip Poerwoko, SpOG(K), MARS. Dalam sambutan yang disampaikan, beliau berharap melalui seminar ini RSUP Dr. Kariadi dapat memberikan edukasi khususnya kepada masyarakat awam mengenai pelayanan Cangkok Sumsum Tulang (CST) di RSUP Dr. Kariadi serta jenis penyakit apa saja yang bisa dilayani dengan Cangkok Sumsum Tulang (CST).