Jumat, 24 Maret 2023 17:06 WIB

Delegasi International Atomic Energy Agency (IAEA) Mengunjungi Pusat Kanker Nasional RS Kanker Dharmais

Responsive image
Epayanti - RS Kanker Dharmais Jakarta
193

Jakarta (15/03) - Delegasi International Atomic Energy Agency (IAEA) yang terdiri dari Mrs. Jane Gerardo Abaya, Mrs. Petra Salame, Mr. Daniel Berger, Mr. Kamal Akbarov, mengunjungi Pusat Kanker Nasional Rumah Sakit Kanker Dharmais, adapun Delegasi Kementerian Kesehatan RI turut hadir dan mendampingi dalam kunjungan tersebut

IAEA atau International Atomic Energy Agency adalah lembaga internasional yang bertanggung jawab dalam mengawasi penggunaan teknologi nuklir di seluruh dunia. Didirikan pada tahun 1957 sebagai badan independen di bawah naungan PBB, IAEA berperan penting dalam mempromosikan penggunaan teknologi nuklir untuk tujuan damai dan memastikan bahwa penggunaan tersebut dilakukan dengan cara yang aman dan bertanggung jawab.

IAEA mempunyai beberapa tugas, antara lain:

  • Memantau kegiatan nuklir di seluruh dunia untuk memastikan bahwa penggunaannya tidak melanggar kesepakatan internasional dan tujuan damai.
  • Memberikan bantuan teknis dan keamanan kepada negara-negara dalam pengembangan teknologi nuklir untuk tujuan damai.
  • Membuat standar dan panduan tentang keamanan nuklir dan menjalankan program pelatihan dan peningkatan kapasitas bagi para profesional yang bekerja di bidang nuklir.
  • Berperan dalam menjaga ketersediaan bahan bakar nuklir yang aman dan terjamin, serta mengawasi pengangkutan dan pengelolaan bahan nuklir yang bersifat sensitif.
  • Mempromosikan perdamaian dan kerjasama internasional dalam bidang teknologi nuklir, serta berperan dalam penyelesaian konflik yang berkaitan dengan teknologi nuklir.

 

Delegasi dari IAEA dan Kementerian Kesehatan RI tersebut diterima langsung oleh Direktur Utama Rumah Sakit  Kanker Dharmais, dr.R.Soeko W Nindito D, MARS beserta Jajaran Direksi dan pejabat lainnya.

Pada kegiatan kunjungan tersebut dilaksanakan pemaparan, diskusi serta peninjauan ke ruang pelayanan Radioterapi, Radiologi, dan Fasilitas kedokteran Nuklir di Pusat Kanker Nasional Rumah Sakit Kanker Dharmais.