Selasa, 21 Maret 2023 16:51 WIB

Memperingati Hari TB Sedunia, RSUP Dr. Kariadi Gelar Kariadi Public Health Fair

Responsive image
Humas - RSUP dr. Kariadi Semarang
167

Semarang (19/03) - Tuberkulosis atau TB hingga tahun 2023 masih merupakan masalah kesehatan masyarakat yang menjadi tantangan global. Kementerian Kesehatan RI menjadikan tuberkulosis sebagai salah satu dari 9 layanan prioritas Kementerian Kesehatan dan hal ini dituangkan dalam bentuk pengembangan layanan kesehatan primer dan sekunder, termasuk didalamnya adalah pengampuan TB nasional Kementerian Kesehatan, dimana RSUP Dr. Kariadi sebagai pengampu regional Jawa Tengah dengan stratifikasi layanan saat ini Utama.

Dalam rangka memperingati Hari TB Sedunia tahun 2023, RSUP Dr. Kariadi bekerja sama dengan Dinas Kesehatan Kota Semarang mengadakan “Kariadi Public Health Fair” di area Car Free Day Jl. Pahlawan Simpang Lima Semarang. Kegiatan ini diawali sambutan Direktur Utama RSUP Dr. Kariadi, dilanjutkan dengan senam bersama, flashmob Kariadi Krida Budaya, Orasi kampanye TB, kuis kesehatan serta penandatanganan komitmen Indonesia Bebas TB 2030. Selain itu juga dilakukan konsultasi dan pemeriksaan kesehatan gratis yang diikuti oleh masyarakat umum.

drg. Farichah Hanum, M.Kes selaku Direktur Utama RSUP Dr. Kariadi dalam sambutannya mengatakan bahwa penanganan penyakit TB tidak bisa dari sektor tenaga kesehatan saja, akan tetapi memerlukan kolaborasi seluruh elemen bangsa. Beliau juga menambahkan RSUP Dr. Kariadi berkomitmen melawan TB dengan menyiapkan sumber daya manusia untuk membantu pemerintah dalam mewujudkan Indonesia Bebas TB 2030.