Minggu, 19 Maret 2023 10:28 WIB

Pertama Kali di Indonesia Timur RSUP Prof. dr. R.D. Kandau Manado berhasil operasi Transplantasi Ginjal 

Responsive image
ikj/az - Sekretariat Direktorat Jenderal Pelayanan Kesehatan
474

Manado - RSUP Prof. dr. R.D. Kandau Manado berhasil melakukan operasi transplantasi ginjal pertama kali di wilayah Indonesia Timur. Keberhasilan ini merupakan akselerasi program prioritas transformasi layanan rujukan yang diupayakan oleh Kementerian Kesehatan.  

Direktur Utama RSUP Prof dr. R.D Kandau, dr. Jimmy Panelewen mengatakan bahwa transplantasi ginjal sudah direncanakan sebelum adanya pandemi Covid-19, namun karena saat itu layanan Kesehatan fokus untuk penanganan covid-19 maka barulah sabtu, 18 Maret 2023 berhasil dilaksanakan dengan pengampuan uro-nefro dari RSUPN dr. Cipto Mangunkusumo Jakarta. 

Dr. Jimmy menjelaskan operasi transplantasi ginjal ini dipersiapkan dengan baik sesuai regulasi dari segi displin ilmu tim dokter yang terlibat, respien dan pendonor yang cocok dengan pasien.

Operasi berlangsung selama 4,5 jam mulai pukul 8.30 WITA sampai dengan 13.00 WITA dengan melibatkan tujuh dokter dari berbagai spesialisasi. “Pasien saat ini dalam kondisi membaik dan ditempatkan di ruang perawatan intensif dengan pengawasan ketat, baik pasien maupun pendonor diawasi ketat oleh Tim dokter baik dari RSUP Kandau maupun RSCM. Setelah 30 menit pasca operasi Pasien bisa mengeluarkan urine 600 cc dan tiga jam setelah itu 1800 cc" ujar ketua tim transplantasi ginjal RS. Prof Kandau, dr. Wim Damapolii.

Atas Keberhasilan ini dr. Jimmy menyampaikan terima kasih kepada RSUPN dr. Cipto Mangunkusumo selaku pengampu layanan uro-nefro nasional yang telah melakukan pendampingan selama lima kali terhadap tim dokter RSUP Prof Kandau Manado. 

Mewakili Menteri Kesehatan RI, Plt. Sekretaris Direktorat Jenderal Pelayanan Kesehatan, dr. Sunarto, M.Kes menyatakan bahwa program pengampuan layanan uro-nefro merupakan satu dari tiga hal yang harus dicapai RS vertikal milik Kementerian Kesehatan. Hal yang harus dilaksankan  dari RS Vertikal adalah mampu memberikan layanan terbaik, pengampuan sembilan penyakit prioritas dan tempat penelitian yang bermakna untuk meningkatkan mutu pelayanan.

Pengampuan layanan uro-nefro sangat penting karena penderita penyakit ginjal di Indonesia terus meningkat. Berdasarkan data Kementerian Kesehatan hingga tahun 2022 jumlah penderita gagal ginjal kronis di Indonesia mencapai 6 juta orang. Keberhasilan transplantasi ginjal di RS Kandau diharapkan bisa dilakukan secara regular dan RS Kandau menjadi rujukan Indonesia timur untuk tranplantasi ginjal.

“Karenanya kemampuan melakukan transplantasi ginjal harus bisa dilakukan oleh rumah sakit yang sudah diampu mencapai tingkat paripurna” ujar dr. Sunarto. 

dr. Sunarto juga mengucapkan selamat kepada RSUP Kandau karena menjadi rumah sakit pertama di wilayah Indonesia timur yang mampu melakukan transplantasi ginjal.

“Terima kasih atas upaya kita semua memberikan layanan yang terbaik untuk masyarrakat kita semoga apa yang kita lakukan ini memberikan sentuhan bahwa negara hadir untuk pelayanan Kesehatan yang lebih baik” tutup dr. Sunarto.