Kamis, 16 Maret 2023 03:16 WIB

“Ginjal Sehat Untuk Semua” di Peringatan Hari Ginjal Sedunia 2023

Responsive image
Humas - RSUP dr. Kariadi Semarang
460

Semarang (13/030 - Ginjal merupakan bagian dari organ vital ditubuh manusia yang berperan penting bagi kehidupan. Fungsi utamanya selain menyaring darah, membuang limbah dan racun, juga untuk mengeluarkan urine dari dalam tubuh manusia serta menjaga keseimbangan kadar cairan yang berkaitan langsung dengan metabolisme. 

Dalam rangka memperingati World Kidney Day atau Hari Ginjal Sedunia, RSUP Dr. Kariadi menyelenggarakan beberapa kegiatan, diantaranya adalah Seminar Kesehatan Online untuk awam yang mengambil tema “Ginjal Sehat Untuk Semua”, penyuluhan yang dilaksanakan di poli penyakit dalam dan poli anak, serta lomba Tiktok. Ketiga kegiatan ini berturut-turut dilaksanakan pada tanggal 9 Maret – 12 Maret 2023. 

Dalam seminar yang berlangsung kurang lebih 2 jam, menghadirkan narasumber Dr. dr. Muhammad Heru Muryawan, Sp.A(K) , Dr. dr. Dwi Lestari Partiningrum, M.Si.Med, Sp.PD, K-GH, FINASIM, dr. Ayudyah Nurani, Sp.PD, K-GH dan sebagai moderator adalah Dr. dr. Shofa Chasani, Sp.PD, K-GH, FINASIM. Seminar yang diikuti lebih dari 500 peserta ini menitikberatkan pada pembahasan tumbuh kembang optimal pada pasien ginjal, hidup yang bahagia dan berkualitas bagi pasien ginjal, serta fakta dan mitos seputar cuci darah. 

Sementara itu penyuluhan yang dilaksanakan pada tanggal 10 Maret menghadirkan tim dokter dari Divisi KSM Penyakit Dalam Sub Nefrologi. Antusias masyarakat untuk mengikuti lomba Tiktok juga cukup tinggi. Dibuktikan dengan jumlah peserta yang mengirimkan video Tiktoknya sebanyak 34 orang. Dari 34 peserta ini diambil 3 orang pemenang dan 2 juara favorit. drg. Farichah Hanum, M.Kes selaku Direktur Utama RSUP Dr. Kariadi dalam sambutannya di seminar kesehatan online menyampaikan, peringatan Hari Ginjal Ginjal dengan tema Ginjal Sehat Untuk Semua sangat inline dengan upaya yang sekarang dilakukan pemerintah, dimana penyakit ginjal merupakan salah satu penyakit yang mendapatkan prioritas penanganan, karena baik dari aspek morbiditas, mortalitas maupun pembiayaan, menyerap biaya yang cukup besar dari anggaran biaya pelayanan kesehatan. RSUP Dr. Kariadi sebagai rumah sakit pemerintah tipe A menyiapkan sarana, prasarana, serta SDM yang berkualitas untuk memberikan pelayanan optimal bagi seluruh masyarakat.