Minggu, 12 Maret 2023 18:46 WIB

Tak Perlu ke Luar Negeri, RSUP Fatmawati miliki Layanan Ortopedik Setara RS di ASEAN dan Asia

Responsive image
rfs/ani/eti - Sekretariat Direktorat Jenderal Pelayanan Kesehatan
1044

Jakarta (10/03) – Kementerian Kesehatan RI saat ini tengah gencar mendorong masyarakat Indonesia untuk tidak perlu berobat keluar bila memerlukan tindakan atau perawatan medis. Salah satu upaya yang ditunjukan permerintah adalah dengan meningkatakan layanan di Rumah Sakit milik Pemerintah, salah satunya adalah Rumah Sakit Umum Pusat (RSUP) Fatmawati Jakarta. RSUP Fatmawati sebagai salah satu Unit Pelaksana Vertikal Kementerian Kesehatan saat ini telah memiliki kompetensi dan kemampuan layanan ortopedi dan rehabilitasi medik yang setara dengan Rumah Sakit di ASEAN bahkan di Asia.

Direktur Utama RSUP Fatmawati, dr. Andi Saguni, MA dalam kegaiatan Konferensi Pers Pelayanan Unggulan Orthopedic, menyampaikan “RSUP Fatmawati betul-betul berupaya dan tentunya berkomitmen agar masyarakat Indonesia memilih layanan kesehatan di dalam negeri saja, tidak perlu keluar negeri. Khususnya dalam layanan ortopedi yang merupakan unggulan di RSUP Fatmawati.”

 

Layanan Ortopedi di RSUP Fatmawati didukung oleh dokter-dokter spesialis dan sub-spesialis yang terbaik serta peralatan pendukung yang mutakhir. Antara lain RSUP Fatmawati memiliki alat X-Ray Intraoperatif 3 Dimensi (O-arm). Alat yang menunjang proses operasi secara mutakhir ini belum tersedia di rumah sakit pemerintah lain selain RSUP Fatmawati.

Pasien yang datang ke RSUP Fatmawati akan ditangani oleh tim dokter ortopedi yang terdiri dari dokter spesialis bedah ortopedi, rehabilitasi medik, saraf, radiologi, dan anestesi. Mereka terdiri dari 5 dokter spesialis ortopedia ahli tulang belakang (spine), 2 dokter ortopedia ahli lutut (Knee), 2 dokter ortopedi ahli pinggul (hip), 1 dokter ortopedia ahli pediatrik, 2 dokter ortopedia ahli pergelangan kaki, 2 dokter ortopedia ahli bahu dan siku, 1 dokter ortopedia ahli pergelangan tangan, serta 1 dokter ortopedi ahli kanker tulang (onkologi). Total ada 16 dokter spesialis ortopedi yang bertugas di RSUP Fatmawati.

dr. Andi Saguni, MA menyatakan “RSUP Fatmawai merupakan bagian dari sistem kesehatan nasional yang perlu mengambil peran dalam membendung laju masyarakat untuk memilih berobat ke luar negeri. RSUP Fatmawati berkomitmen untuk terus memastikan layanan ortopedi di Indonesia bisa dengan mudah diakses masyarakat melalui jaminan mutu pelayanan. RSUP Fatmawati siap untuk menangani kasus-kasus ortopedi yang menjadi permasalahan di Inonesia, pasien-pasien yang membutuhkan layanan ortopedi tidak harus ke luar negeri, ke Singapura, ke Malaysia, cukup di dalam negeri.” (rfs/ani/eti)