Selasa, 07 Maret 2023 13:52 WIB

Seminar Perpustakaan Rumah Sakit dan Peresmian Pojok Baca Digital (POCADI) di RSUP Dr. Kariadi

Responsive image
Humas RSUP Dr. Kariadi - RSUP dr. Kariadi Semarang
290

Semarang (06/03) - Salah satu agenda pembangunan adalah membangun sumber daya manusia, dan upaya untuk mewujudkan hal tersebut dapat dicapai melalui budaya literasi yang kuat, sehingga diharapkan manusia Indonesia menjadi kreatif, inovatif untuk kesejahteraan di masa yang akan datang.

Sebagai Rumah Sakit Vertikal tipe A di bawah Kementerian Kesehatan RI dan Rumah Sakit Pendidikan Utama bagi Fakultas Kedokteran Universitas Diponegoro, RSUP Dr. Kariadi sangat mendukung kegiatan pendidikan dan penelitian. Kegiatan ini tentu harus dilengkapi oleh sarana dan prasarana, salah satunya adalah adanya perpustakaan rumah sakit. Perpustakaan yang saat ini dimiliki oleh RSUP Dr. Kariadi tidak hanya mendukung Pendidikan dan penelitian tetapi juga berusaha mendekatkan perpustakaan ke masyarakat dalam hal ini adalah pasien atau keluarga pasien.

Sejurus dengan hal tersebut, RSUP Dr. Kariadi pada hari Senin tanggal 6 Maret 2023 menyelenggarakan kegiatan Seminar Perpustakaan dan Peresmian Pojok Baca Digital (POCADI). Acara ini dihadiri oleh Kepala Biro Komunikasi dan Pelayanan Publik Kementerian Kesehatan RI, dr. Siti Nadia Tarmizi, M.Epid, Deputi Bidang Pengembangan Sumber Daya Perpustakaan, Perpustakaan Nasional RI, Dr. AdinĀ  Bondar, S.Sos., M.Si, Direktur Utama beserta jajaran Direksi RSUP Dr. Kariadi , Rumah Sakit dan Perpustakaan di sekitar Semarang, serta dari UPT Kemenkes RI.

POCADI di RSUP Dr. Kariadi merupakan Hibah dari Perpustakaan Nasional RI dan menjadi fasilitas baca digital rumah sakit pertama yang ada di Indonesia. Terletak di Gedung Rajawali Lantai Dasar Instalasi Rawat Inap Kelas III dan Unit Stroke dengan fasilitas komputer akses koleksi digital Perpustakaan Nasional, buku umum sebanyak 700 eksemplar, Tab, serta jaringan wifi. Melalui POCADI ini diharapkan masyarakat akan lebih gemar membaca, meningkatkan literasi informasi dan mengurangi kejenuhan dalam menunggu layanan di RSUP Dr. Kariadi.