Rabu, 01 Maret 2023 14:08 WIB

Pelatihan Transplantasi Sumsum Tulang Untuk Perawat di RSUP Dr. Kariadi

Responsive image
Humas - RSUP dr. Kariadi Semarang
908

Semarang (01/03) - Transplantasi stem cell atau sel induk, baik dari sumsum tulang maupun sumber lainnya, bisa menjadi alternatif pengobatan yang efektif untuk beberapa penyakit keganasan maupun non keganasan seperti leukimia, limfoma, anemia aplastik, thalassemia, dan lainnya. Tujuan dari transplantasi sel ini adalah untuk mengisi kembali tubuh dengan sel yang sehat dan sumsum tulang ketika kemoterapi dan radiasi selesai.

RSUP Dr. Kariadi sebagai rumah sakit pemerintah tipe A dibawah Kementerian Kesehatan memiliki salah satu pelayanan unggulan yaitu Transplantasi Sumsum Tulang, yang berpusat di Instalasi Onkologi gedung Kasuari lantai 4. Dalam penanganan pasien Transplantasi Sumsum Tulang atau TST telah terbentuk Tim TST yang terdiri dari berbagai tenaga kesehatan yang sudah terlatih di bidang Transplantasi Sumsum Tulang.

Untuk meningkatkan kapasitas diri baik pengetahuan maupun keterampilan tim TST terutama tenaga keperawatan, RSUP Dr. Kariadi mengadakan pelatihan bagi perawat dengan tema Prosedur Layanan Transplantasi Sumsum Tulang. Pelatihan dilaksanakan selama 3 hari, mulai tanggal 1 – 3 Maret 2023, bertempat di Ruang Anggrek gedung Diklat RSUP Dr. Kariadi. Dikemas dengan metode luring dan daring, serta diikuti oleh 35 peserta yang terdiri dari perawat, analisis (laboratorium), dan customer service (overview layanan TST). Melalui pelatihan ini diharapkan seluruh peserta mengetahui konsep Transplantasi Sumsum Tulang dan alur pelaksanaannya serta mampu memberikan layanan yang terstandar bagi pasien TST.