Selasa, 28 Februari 2023 16:12 WIB

Kegiatan Donor Darah RSUP Dr. Kariadi di Bulan Februari 2023

Responsive image
Humas - RSUP dr. Kariadi Semarang
306

Semarang - Selama bulan Februari tahun 2023, RSUP Dr. Kariadi melalui Unit Transfusi Darah Rumah Sakit berhasil melaksanakan kegiatan rutin donor darah di 10 tempat yang berbeda.

Kegiatan tersebut dimulai sejak awal bulan, yaitu tanggal 3 Februari bertempat di Balai Besar Penjaminan Mutu Pendidikan (BBPMP) Provinsi Jawa Tengah yang beralamat di Jl. Kyai Mojo, Srondol Kulon, Banyumanik, Semarang. Kemudian bekerjasama dengan 4 komunitas, yaitu Komunitas Sedulur Plasma, Komunitas Perempuan Indonesia Raya (PIRA), Komunitas Sedulur Tanpa Kartu Keluarga dan Komunitas OBABA. Selain itu RSUP Dr. Kariadi juga melaksanakan donor darah dengan BPJS Kesehatan Semarang, Batalyon Arhanud 15, Dinas Perhubungan Provinsi Jawa Tengah, Karang Taruna Kelurahan Kalibanteng Kidul dan terakhir pada hari Jumat, 24 Februari bersama Poltekkes Semarang.

Antusiasme dari seluruh peserta yang mengikuti kegiatan donor darah ini sangat luar biasa. Dibuktikan dengan jumlah peserta yang mencapai 478 orang, dengan total jumlah pendonor yang berhasil mendonorkan darahnya sebanyak 303 pendonor. Beberapa pendonor yang tidak lolos skrinning umumnya disebabkan karena tekanan darah yang tinggi, Hb yang rendah / tinggi, sedang menstruasi/masih menyusui, pasca melakukan vaksin kurang dari 7 hari, dan mengkonsumsi obat dalam 3 hari terakhir.

Melalui kegiatan donor darah ini diharapkan dapat mencukupi ketersediaan stok darah bagi pasien yang membutuhkan di RSUP Dr. Kariadi.