Kamis, 29 Desember 2022 11:13 WIB

Pelatihan Perawatan Pasien Kanker dengan Kemoterapi Gelombang 1

Responsive image
Epayanti - RS Kanker Dharmais Jakarta
681

JAKARTA - Dalam rangka percepatan pembangunan di pelayanan kanker sesuai dengan Rencana Strategis Kementerian Kesehatan Tahun 2020 – 2024 melalui program pengampuan rumah sakit jejaring kanker, maka dilaksanakan Pelatihan tahap awal yang kedua dalam pengampuan jejaring layanan kanker yaitu Pelatihan Perawatan Pasien Kanker dengan Kemoterapi Gelombang 1, untuk meningkatkan kompetensi SDM bagi tenaga Perawat.

Pelatihan ini diikuti oleh 25 peserta yang berasal dari beberapa RS Jejaring layanan kanker di Indonesia, diantaranya RSUD dr. Zainoel Abidin Aceh,  RSUP dr. M. Djamil Padang, RSUP dr. Rivai Abdullah Palembang, RSUD Raden Mattaher Provinsi Jambi, RSUD dr. H. Abdul Moeloek Provinsi Lampung, RSUD Dr. Moewardi Surakarta, RSUD Provinsi NTB, RSUD H. Abdoel Wahab Sjahranie Provinsi Kalimantan Timur  dan RSUD dr. Doris Sylvanus Palangka Raya.

Tujuan yang ingin dicapai yaitu peserta yang telah mengikuti pelatihan ini mampu melakukan penatalaksanaan keperawatan pasien kanker dengan kemoterapi di tatanan layanan kesehatan.

Dalam pelaksanaannya, pelatihan ini menggunakan metode blended-learning, yaitu untuk pembelajaran teori dilakukan secara daring di lokasi masing-masing peserta pelatihan pada tanggal 21-25 November 2022 dan pembelajaran praktek dilakukan di RS Kanker Dharmais secara luring pada tanggal 1-2 Desember 2022.