Kamis, 29 Desember 2022 09:54 WIB

Best Practice Tata Kelola RS Vertikal

Responsive image
ikj/rfs - Sekretariat Direktorat Jenderal Pelayanan Kesehatan
304

Jakarta (28/12) - Direktur Jenderal Pelayanan Kesehatan, dr. Azhar Jaya, SKM, MARS,  didampingi oleh Direktur Tata Kelola Pelayanan Kesehatan dr. Sunarto, M.Kes membuka acara Best Practice Tata Kelola Rumah Sakit Vertikal. Acara yang berlangsung selama dua hari ini dihadiri oleh direktur - direktur RS Vertikal Kementerian Kesehatan.

Dalam sambutannya dirjen Yankes menekankan bahwa RS Vertikal diharapkan memiliki kemandirian dalam pengelolaan keuangan, hal ini penting di tengah keterbatasan anggaran pemerintah. Rumah sakit harus mampu membaca peluang pasar, mengolah dan menghasilkan inovasi yang sifatnya menuju kemandirian rumah sakit, khususnya mandiri secara finansial.

Dirjen Yankes juga menambahkan bahwa untuk mencapai kemandirian finansial, maka Rumah Sakit Vertikal harus mampu melaksanakan tata kelola keuangan yang paripurna sehingga Kinerja Keuangan Rumah Sakit sebagai entitas BLU dan Kinerja Pelaksanaan Anggaran Rumah Sakit sebagai entitas Satker Pemerintah dapat tercapai maksimal.

Diakhir sambutannya dirjen Yankes berharap RS Vertikal bisa memaksimalkan anggaran dengan efektif dan efisien. “Sekarang eranya investasi, belanja BLU-nya diefektifkan untuk untuk memberikan pelayanan yang terbaik untuk masyarakat” tutupnya.

Dalam kegiatan tersebut turut menghadirkan narasumber Inspektur Jenderal Kementerian Kesehatan drg. Murti Utami, MPH, QGIA, CGCAE dan Direktur RSUD dr. Iskak Tulungagung Dr. dr. Supriyanto Dharmoredjo, Sp.B, M.Kes (MMRS), selaku praktisi di bidang perumahsakitan. (Ikj/rfs)