Jumat, 05 Agustus 2022 08:28 WIB

Radang pada Selaput Episklera

Responsive image
1050
Dr. dr. Vera Sumual, Sp.M(K) - RSUP Prof. dr. R.D. Kandou Manado

Setiap orang pasti pernah mengalami mata merah. Mata merah dapat disebabkan oleh berbagai macam penyebab, salah satunya yaitu peradangan yang terjadi pada selaput episklera atau yang dikenal sebagai episkleritis. Episklera merupakan jaringan ikat vaskular yang terletak di antara konjungtiva dan permukaan sklera.

Keluhan yang dapat dirasakan berupa mata terasa kering, merah, dengan rasa sakit yang ringan, dan mengganjal. Pada beberapa orang juga dapat terjadi fotofobia atau rasa tidak nyaman saat melihat cahaya terang. Peradangan pada episklera dapat terjadi pada satu mata atau bahkan kedua mata. Hal ini dapat berlangsung berhari-hari hingga berminggu-minggu. Meski demikian, hal ini tidak akan mempengaruhi penglihatan.

Penyebab terjadinya peradangan ini belum diketahui secara pasti. Tetapi terdapat beberapa kondisi yang berkaitan seperti reaksi hipersensitivitas terhadap tuberkulosis, lupus, atau reumatoid artritis. Episkleritis paling sering ditemukan pada wanita dibandingkan dengan pria.

Episkleritis dapat sembuh sempurna tanpa pengobatan atau berulang yang dapat menyerang tempat yang sama ataupun dapat berpindah-pindah. Jika kondisi ini sangat mengganggu dan tidak segera pulih, anda dapat melakukan kontrol ke dokter sehingga dapat diberikan pengobatan seperti air mata buatan, anti-radang dan anti nyeri sesuai dengan keluhan. Pengobatan sederhana yang dapat dilakukan sendiri yaitu dengan kompres mata dengan air dingin. Penyulit yang dapat terjadi yaitu bila perdangan mencapai lapisan sklera yang disebut sebagai skleritis.

Referensi:

Ilyas HS, Yulianti SR. Ilmu Penyakit Mata. Edisi 5. Badan Penerbit FKUI; 2015.

Riordan-Eva P. Uveal Tract & Sclera. In: Riordan-Eva P, Augsburger JJ, eds. Vaughan & Asbury’s General Ophthalmology. 19th Ed. McGraw Hill Education; 2018:169.

Pearlstein ES. The Sclera and Anterior Uvea. In: Krachmer JH, Mannis MJ, Holland EJ, eds. Cornea: Fundamentals, Diagnosis and Management. 4th Ed. Elsevier; 2016:1079-1084.

Olver J, Cassidy L, Jutley G, Crawley L. Red Eye: The Sclera and Episclera. In: Ophthalmology at a Glance. 2nd Ed. Wiley Blackwell; 2014:42-43.

Sumber gambar: health.kompas.com