Kamis, 04 Agustus 2022 09:09 WIB

Mengenal Anestesi Umum

Responsive image
38930
Sri Rahmawati, S.Tr.Kep - RS Jiwa Dr. Radjiman Wediodiningrat Lawang

Dalam bahasa Yunani, anestesi berarti hilangnya sebuah rasa. Anestesi adalah sebuah tindakan yang diambil sebelum operasi dimulai untuk mengurangi rasa sakit yang mungkin terjadi selama proses pembedahan dilakukan. Anestesi dapat dibagi menjadi tiga jenis, yaitu anestesi lokal, regional, dan umum. Setiap jenis anestesi memiliki cara kerja dan tujuan yang berbeda-beda.

Anestesi umum atau biasa disebut bius total adalah prosedur pembiusan yang membuat pasien menjadi tidak sadar selama operasi berlangsung. Anestesi jenis ini sering digunakan untuk operasi besar atau operasi yang membutuhkan relaksasi otot. Anestesi ini bisa diberikan melalui dua cara, yaitu melalui gas untuk dihirup dan obat yang disuntikkan ke dalam pembuluh darah. Pertimbangan rekomendasi anestesi umum :

-    Operasi yang membutuhkan waktu lama,

-    Operasi dengan risiko kehilangan darah dalam jumlah banyak,

-  Operasi yang mempengaruhi pernapasan, seperti operasi dada dan perut bagian atas.

Anestesi umum dianggap cukup aman untuk sebagian besar pasien. Namun pada kelompok tertentu, seperti lansia, anak- anak, atau pasien kondisi khusus, pemberian anestesi jenis ini harus dilakukan dengan sangat hati-hati. Efek samping anestesi umum:

-    Mual dan muntah,

-    Mulut kering,

-    Sakit tenggorokan,

-    Suara serak,

-    Rasa kantuk,

-    Menggigil,

-    Timbul nyeri pada area yang disuntik atau dipasangkan infus,

-    Bingung atau kehilangan memori sementara, dan

-    Kerusakan gigi.

Risiko untuk mengalami efek samping anestesi akan semakin tinggi apabila pasien memiliki penyakit atau kondisi kesehatan tertentu, misanya penyakit jantung, diabetes melitus, asma, dan obesitas. Kebiasaan yang kurang baik seperti merokok, mengonsumsi alkohol, serta konsumsi obat-obatan tertentu juga akan meningkatkan risiko terjadinya efek samping anestesi.

 


Sumber Foto:

https://www.google.com/imgres?imgurl=https%3A%2F%2Fradarpekalongan.co.id%2Fwp-content%2Fuploads%2F2018%2F04%2FOBAT-BIUS.jpg&imgrefurl=https%3A%2F%2Fradarpekalongan.co.id%2F25046%2Fpemakaian-obat-bius-ternyata-juga-ada-efek-sampingnya-lho-bagi-kesehatan%2F&tbnid=JATQVa8OkCPKfM&vet=1&docid=-mL8Wqq7mc80TM&w=700&h=467&hl=in-ID&source=sh%2Fx%2Fim

Referensi:

https://hellosehat.com/sehat/operasi/dampak-dan-efek-samping-obat-anestesi/#:~:text=Terdapat%20beberapa%20efek%20samping%20yang,Kerusakan%20gigi

https://www.nhs.uk/conditions/general-anaesthesia/

Barrabé A, Louvrier A, Allary R, Moussa M, Boutros M, Bénateau H. Infantile and adult mortality in precarious conditions. J Stomatol Oral Maxillofac Surg. 2020 Feb;121(1):49-52.