Senin, 21 November 2022 11:33 WIB

Workshop EWS dan Code Blue di Lingkungan RSPON Prof. Dr. dr. Mahar Mardjono Jakarta

Responsive image
RFA-Humas - RS Pusat Otak Nasional Prof. Dr.dr.Mahar Mardjono Jakarta
429

JAKARTA - Pelayanan kesehatan gawat darurat sehari-hari merupakan hak asasi manusia dan merupakan kewajiban yang harus dimiliki oleh rumah sakit sebagai penyelenggara kesehatan. Pelayanan kegawatdaruratan merupakan pelayanan yang memerlukan penanganan secara terpadu dari multidisiplin termasuk profesi dokter dan perawat karena keadaan gawat darurat medik merupakan peristiwa yang dapat membahayakan jiwa, sehingga membutuhkan tindakan yang cepat dan tepat agar dapat meminimalkan angka kematian dan mencegah terjadinya kecacatan yang tidak perlu (18/11) .

Salah satu kegawatdaruratan yang terpenting adalah kematian jantung mendadak atau cardiac arrest yaitu berhentinya jantung secara tiba-tiba pada seseoarng yang telah atau belum diketahui menderita penyakit jantung (American Health Association, 2010) .

Inti dari penanganan henti jantung (cardiac arrest) adalah kemampuan untuk bisa mendeteksi dan bereaksi secara cepat , benar serta sesegera mungkin mengembalikan denyut jantung ke kondisi normal untuk mencegah kematian otak dan kematian permanen. Penanganan secara cepat dapat diwujudkan jika terdapat tenaga kesehatan di rumah sakit yang memiliki kemampuan dalam melakukan chain of survival saat henti jantung (cardiac arrest)  terjadi.

Untuk wujud  meningkatkan kemampuan dan keterampilan dalam melakukan chain of survival saat cardiac arrest, pada hari Jumat 18 November 2022 diselenggarakan Workshop Early Warning System (EWS) dan Code Blue bagi 21 tenaga medis yang terdiri dari dokter umum dan perawat dari berbagai unit di RS PON Prof. Dr. dr. Mahar Mardjono Jakarta. Kegiatan yang menggunakan metode  blended learning yaitu pemaparan materi melalui zoom serta luring yaitu praktek dan simulasi  Code Blue dimulai dari pukul 08.00  – 16.00 WIB.

Adapun narasumber dan materi yang diberikan antara lain :

-       Nursing Early Warning System Score,  materi dibawakan oleh Elis Nurhayati Agustina, M.Kep., Sp.KMB

-       BLS Update Guideline AHA 2020, materi dibawakan oleh dr. Rama Garditya, Sp.An

-       Airway Management, materi dibawakan oleh dr. Benita Purnama Sugihartini Siahaan, Sp.An

-       Aritmia Letal, materi dibawakan oleh dr. Benita Purnama Sugihartini Siahaan, Sp.An

-       Basic Life Support - Code Blue System di RSPON, materi dibawakan oleh Putri Budi Utami, AMK

Diharapkan dengan mengikuti workshop ini, diharapkan peserta mampu memberikan pelayanan kesehatan kepada pasien,  keluarga pasien atau pegawai dalam kondisi gawat darurat dan mempercepat respon time kegawatdaruratan di rumah sakit untuk menghindari kematian dan kecacatan yang tidak perlu terjadi.