Kamis, 25 Maret 2021 11:52 WIB

Peresmian Gedung Rawat PINERE Covid-19 RSPG Cisarua Bogor

Responsive image
94 kali
(Dok/IR/24/3/2021) - RS Paru Dr.M. Goenawan Partowidigdo Cisarua

BOGOR -  Dalam rangka memperingati Hari Tuberkulosis (TB) Sedunia yang jatuh setiap tanggal 24 Maret, Direktur Utama RS Paru Dr. M. Goenawan Partowidigdo (RSPG) Cisarua Bogor (dr. Ida Bagus Sila Wiweka, Sp.P(K), MARS) meresmikan Gedung / ruang perawatan Penyakit Infeksi New Emerging dan Re-Emerging (PINERE) sebagai ruang isolasi bertekanan negatif dan non negatif bagi pasien Covid-19 pada 24 Maret 2021, yang dihadiri oleh perwakilan pejabat dan perwakilan pegawai RSPG Cisarua Bogor. Gedung ini didedikasikan untuk pelayanan penyakit infeksi yang terpisah dengan pasien lainnya.

Dirut RSPG menyampaikan bahwa sesuai situasi dan kondisi pandemi. Sebagai wujud komitmen RSPG mengimplemtasikan arahan dari Menteri Kesehatan RI guna memaksimalkan dan mempercepat penanganan serta penyembuhan pasien Covid-19, maka RSPG Cisarua Bogor sebagai salah satu RS Rujukan Covid-19 Nasional terus berupaya menambah kapasitas ruang isolasi Covid-19 dimana dimulai pada awal bulan Maret 2020 yang semula tempat tidur berjumlah 7 tempat tidur (TT) hingga sekarang menjadi berjumlah 69 tempat tidur yang dikhususkan untuk perawatan pasien Covid-19 (40,35%) dari jumlah total 171 tempat tidur yang ada. Dari 69 TT tersebut terdiri dari : 22 TT Pinere B sebagai ruang ICU Isolasi tekanan negatif dengan Ventilator, 39 TT Pinere A dan 8 TT Pinere C sebagai ruang Isolasi tanpa tekanan negatif.

Dalam rangkaian kegiatan memperingati Hari TB Sedunia tersebut, RSPG telah mengadakan kegiatan online competitions (Vidiografi & penulisan ilmiah), pemeriksaan diagnosis TB dengan metode tes cepat berbasis molekuler (Tes Cepat Molekuler / TCM TB) untuk masyarakat, edukasi kesehatan berupa live talkshow, seminar ilmiah online dan peresmian ruang rawat PINERE ini.

Dirut RSPG sangat mengapresiasi dan berterima kasih kasih kepada seluruh jajaran pegawai RSPG yang terkait dalam penanganan Covid-19 baik tenaga kesehatan (Nakes) medis, keperawatan, penunjang maupun non Nakes yang telah memberikan pelayanan yang terbaik. Hingga saat ini RSPG telah merawat pasien Covid-19 sebanyak lebih dari 1.000 pasien.

Rangkaian acara peresmian gedung/ruang rawat PINERE dengan rangkaian kegiatan diantaranya adalah dilakukannya pengguntingan pita oleh Dirut RSPG sebagai tanda secara resmi di bukanya ruang rawat Covid-19 tersebut. Dengan peresmian gedung/ruang rawat Pinere RSPG, diharapkan dapat memenuhi kebutuhan dan mampu meyakinkan masyarakat bahwa RSPG turut mendukung kesehatan, keselamatan dan memberikan rasa nyaman serta rasa aman bagi masyarakat, khususnya masyarakat yang berada dilingkungan RSPG. Dimana RSPG telah membuat zonasi / area pelayanan berdasarkan daerah tingkatan infeksius dengan non infeksius sehingga terhindar kontak satu sama lainnya dengan ruang rawat Penyakit Infeksi New Emerging dan Re-Emerging (Zona Hijau, Kuning dan Merah).

Mari kita sama - sama mencegah penyebaran Covid-19 dengan membiasakan hidup sehat di masa New Normal dengan selalu melaksanakan gerakan 5M (Memakai Masker, Mencuci Tangan, Menjaga Jarak, Menjauhi Kerumunan dan Mengurangi Mobilitas).