Selasa, 23 Februari 2021 15:47 WIB

Eksklusif Mobile Mammografi Bersama YKPI (Yayasan Kanker Payudara Indonesia)

Responsive image
232 kali
Humas - RS Kanker Dharmais Jakarta

JAKARTA - Masih dalam rangkaian memperingati Hari Kanker Sedunia yang jatuh pada setiap tanggal 4 Februari, Instalasi Deteksi Dini dan PKRS RS Kanker Dharmais mengadakan kegiatan Mobile Mammografi bekerjasama dengan Yayasan Kanker Payudara Indonesia (YKPI) pada tanggal 20 Februari 2021, dengan tema Eksklusif Mobile Mammografi bersama YKPI,  dilaksanakan di loby utama dan di area parkir RS Kanker Dharmais.

Hadir dalam acara tersebut yaitu Direktur Utama RS Kanker Dharmais dr. R. Soeko W. Nindito D., MARS, Ketua panitia peringatan Hari Kanker Sedunia 2021, dr. Bob Andinata, Sp.B(K)Onk, Pendiri Yayasan Kanker Payudara Indonesia Ibu Linda Agum Gumelar, Ibu Dewi Bambang Soesatyo, istri dari Ketua MPR RI dan masyarakat umum serta hadir pula rekan wartawan.

Mengawali kegiatan Eksklusif Mobile Mammografi bersama YKPI, para peserta melaksanakan screening awal sesuai dengan protokol kesehatan pencegahan covid-19, mulai dari cek suhu, tekanan darah, wawancara lalu dilakukan tindakan mammografi di ruang unit mobile mammografi yang telah berada di area parkir RS Kanker Dharmais.

Agar masyarakat peduli tentang pentingnya pengobatan kanker, maka diperlukan suatu cara supaya masyarakat lebih aware, untuk memeriksakan dirinya lebih dini.

dr. Soeko mengenalkan 3 metode yang harus diterapkan kepada masyarakat Knowledge, Awareness dan Courage.

Knowledge, bagaimana menimbulkan pengetahuan tentang Kanker, bisa melalui kegiatan webinar, media sosial dan teman-teman wartawan juga dapat membantu memberikan informasi tentang kanker.  Awareness, bagaimana apabila masyarakat yang sudah mengetahui ilmunya,  mereka mau datang ke fasilitas kesehatan, untuk memeriksakan dirinya. Dan yang terakhir courage, dimana bila hasilnya terdapat gangguan kesehatan maka berani datang ke fasilitas kesehatan, untuk melakukan tindakan dan terapi untuk menyembuhkan kanker”. Kata dr. Soeko dalam konferensi pers, ditempat dan waktu yang sama.

“Pentingnya melakukan screening dan deteksi dini pada orang sehat adalah untuk mencegah timbulnya kanker payudara, dengan mendeteksi di awal, maka angka kesembuhan pasien tersebut diatas 90% dan biaya pengobatan lebih ringan”, kata dr. Bob, mempertegas pernyataan dr. Soeko.

Ibu Linda Agum Gumelar  mengatakan, YKPI telah bekerjasama dengan RS Kanker Dharmais, untuk memberikan edukasi kepada masyarakat tentang  pentingnya  Deteksi Dini Kanker, agar mengetahui lebih awal tentang penyakit kanker.  Ibu Linda juga berharap,  setelah kegiatan ini YKPI dapat melanjutkan kegiatan Deteksi Dini Kanker Payudara, “setiap hari sabtu entah itu 2 minggu sekali”, ujar beliau.

“Tingkat kesembuhan sangat tinggi jika kita melakukan pemeriksaan sejak dini atau deteksi dini, dengan datang ke rumah sakit (dengan kesadaran tinggi), Indonesia Bebas Kanker Payudara Stadium Lanjut”, ujar istri ketua MPR RI, Ibu Dewi Bambang Soesatyo yang hadir sebagai tamu kehormatan dan turut serta melaksanakan pemeriksaan mammografi.

“Bersama-sama, Mari Kita KALAHKAN KANKER”