Selasa, 19 Januari 2021 08:15 WIB

Penyuluhan Prokes Covid 19 dan Etika Batuk dari Edukator RSJMM

Responsive image
308 kali
PKRS - RS Jiwa dr.H.Marzoeki Mahdi Bogor

BOGOR - Sekitar 100 pengunjung yang terdiri dari pasien, keluarga, pendamping dan lain sebagainya yang berada di Ruang Pendaftaran RSJ.Dr.H. Marzoeki Mahdi (RSJMM) Bogor, yang berlokasi di Jl.Dr. Sumeru No.114 Bogor 16111, mendapatkan penyuluhan (edukasi) dari Tim Edukator Instalasi PKRS dan PPI RSJMM, dengan tema Protokol Kesehatan 5M (Memakai masker, Mencuci tangan dan Menjaga jarak, menghindari kerumunan dan mengurangi mobilitas dan interaksi, serta Etika Batuk dalam mencegah penularan Covid 19, dengan metode penyuluhan langsung, simulasi praktek, tanya jawab interaktif disertai pemberian hadiah, kepada pengunjung yang berani bertanya dan pengunjung yang mampu menjawab pertanyaan dari petugas edukasi. 

Iyep Yudiana sebagai Promotor Kesehatan RSJMM yang menjadi edukator dalam kegiatan penyuluhan tersebut membuka acara dan memberikan edukasi kepada para pengunjung yang telah melewati skrining dan pengukuran suhu badan dari petugas Tim Covid 19 RSJMM. 

"Kepada para pengunjung RSJMM dihimbau untuk selalu menerapkan Protokol Kesehatan 5M, dalam rangka mencegah penularan Covid 19 dari diri sendiri ke orang lain atau sebaliknya". Sementara Wayan Suartana, sebagai edukator perawat dari PPI RSJMM memaparkan bagaimana  cara Etika Batuk kepada para pengunjung, disertai simulasi prakteknya. 

"Etika bila kita batuk, bisa melalui masker yang dipakai lalu dibuang dan diganti, bisa memakai sapu tangan, tisu atau ditutup dengan lengan tangan, lalu cuci tangan kembali".

Partisipan pengunjung yaitu Ibu Marla dari Bogor Timur Kota Bogor dan Ibu Tuti dari Pamijahan Kabupaten Bogor, serta pengunjung lainnya, tampil kedepan memberikan pertanyaan kepada petugas dan memberikan jawaban pertanyaan dari petugas dalam sesi tanya jawab interaktif, yang diakhiri dengan pemberian hadiah berupa kalender tahun 2021 terbaru RSJMM.

Diakhir penyuluhan, semua pengunjung merasa senang telah mendapatkan ilmu pengetahuan dari Tim Edukator RSJMM, serta semua pengunjung diberikan air mineral secara gratis, yang dibagikan oleh Tati Ammy dan Siti Khadijah dari Satgas Pendamping ODGJ Kabupaten Bogor yang ikut hadir membantu kegiatan penyuluhan tersebut.