Selasa, 12 Januari 2021 16:38 WIB

Kupas Tuntas Vaksinasi Covid19 pada Tenaga Kesehatan

Responsive image
92 kali
iwj-humas - Sekretariat Direktorat Jenderal Pelayanan Kesehatan

JAKARTA –  “Mengapa harus tenaga kesehatan dahulu yang divaksinasi? Oleh karena, tenaga kesehatan merupakan garda terdepan dalam pelayanan kesehatan dimasa pandemic dan mereka merupakan salah satu komponen di masyarakat yang menjadi paling riskan tertular COVID-19. Sehingga tenaga kesehatan harus dilindungi dengan salah satu caranya melalui vaksinasi Covid-19”, demikian disampaikan Direktur Jenderal Pelayanan Kesehatan Kemenkes RI,  Prof. dr. Abdul Kadir, PhD, Sp.THT-KL(K), MARS saat membuka acara webinar Dialog Kupas Kupas Tuntas Vaksinasi COVID-19 pada Tenaga Kesehatan di Wilayah DKI Jakarta(11/01).

Vaksinasi merupakan  salah satu intervensi untuk memutus mata rantai penularan COVID-19. Vaksin melatih tubuh untuk kenal, lawan dan kebal dari penyebab penyakit seperti virus atau bakteri. Upaya pemerintah dalam menyediakan vaksinasi kepada seluruh masyarakat merupakan sesuatu yang melalui perjalanan sangat panjang. Pemerintah sebelum melakukan dan memilih jenis vaksin apa yang ingin digunakan telah melakukan suatu kajian yang sangat mendasar dan sangat saintifik untuk semua masyarakat bisa menggunakan vaksin ini. 

Acara dialog interaktif yang diselenggarakan oleh Direktorat Jenderal Pelayanan Kesehatan Kemenkes ini bekerjasama dengan Komite Penanggulangan COVID-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (KPCPEN) terbagi menjadi 2 sesi yaitu:

  1. hari Sabtu tanggal 9 Januari 2021 ditujukan untuk tenaga kesehatan yang berada di Provinsi Jawa Tengah, yang diikuti hampir 2000 peserta melalui zoommeeting dan live streaming YouTube ini dipandu oleh dr. Vito Damay, Sp.JP(K), M.Kes, FIHA, FICA, FAsCC dengan menghadirkan narasumber ahli vaksin dan imunisasi yaitu dr. Dirga Sakti Rambe, M.Sc, Sp.PD dan dr.Elisabeth Jane Supardi, MPH, DSc. 
  2. hari Senin, tanggal 11 Januari 2021 ditujukan untuk tenaga kesehatan di wilayah Provinsi DKI Jakarta diikuti peserta sebanyak 1600an orang melalui zoommeeting dan live streaming YouTube. Adapun narasumber yang hadir yaitu Prof.Dr.dr. Iris Rengganis, Sp.PD-KAI, dr. Elizabeth Jane Supardi,MPH, DSc, dr. Vinod Bura, MBBS, MPH dan  moderator adalah dr. Sonia Wibisono.

Saat ini, masih banyak masyarakat yang memerlukan informasi yang lebih jelas tentang vaksin COVID-19. Semoga setelah mendengar penjelasan dari para narasumber, para tenaga kesehatan dapat ikut berperan aktif memberikan informasi pentingnya vaksinasi COVID-19 dalam rangka mempercepat penanggulangan pandemi COVID-19 dan dengan tetap menerapkan protokol kesehatan, menjaga imunitas tubuh dengan tetap berdoa dalam setiap langkah dalam menjalankan tugas yang sangat mulia.