Senin, 16 November 2020 12:13 WIB

Peringatan Hari Kesehatan Nasional (HKN) ke 56 Tahun 2020

Responsive image
50 kali
Unit Promosi Kesehatan Rumah Sakit (PKRS) - RSUP dr. Soeradji Tirtonegoro Klaten

KLATEN - Dikutip dari Wikipedia, Kesehatan adalah kondisi kesejahteraan fisik, mental, dan sosial yang lengkap dan bukan sekadar tidak adanya penyakit atau kelemahan.1 Pemahaman tentang kesehatan telah bergeser seiring dengan waktu. Berkembangnya teknologi kesehatan berbasis digital telah memungkinkan setiap orang untuk mempelajari dan menilai diri mereka sendiri, dan berpartisipasi aktif dalam gerakan promosi kesehatan. Berbagai faktor sosial berpengaruh terhadap kondisi kesehatan, seperti perilaku individu, kondisi sosial, genetik dan biologi, perawatan kesehatan, dan lingkungan fisik.

Pada Hari Kamis tanggal 12 November 2020, Bangsa Indonesia memperingati Hari Kesehatan Nasional (HKN) yang ke 56 dengan tema  "Satukan Tekad Menuju Indonesia Sehat". Kegiatan puncak dari Hari Kesehatan Nasional (HKN) adalah upacara bendera yang diselenggarakan di Gedung Swadesi Kementerian Kesehatan RI dan diikuti oleh seluruh jajaran di Kementerian Kesehatan termasuk Rumah Sakit, Dinas Kesehatan dan Puskesmas seluruh Indonesia secara daring.

                               Di Kabupaten Klaten, upacara peringatan Hari Kesehatan Nasional (HKN) yang ke 56 dilaksanakan di Gedung Sunan Pandanaran dan diikuti oleh seluruh Rumah Sakit dan Puskesmas di Kabupaten Klaten.

                               Pada peringatan HKN tahun ini, RSUP dr. Soeradji Tirtonegoro berkesempatan untuk menjadi tuan rumah. Upacara bendera dimulai sekitar pukul 08.00 WIB. Menteri Kesehatan RI Dr. dr. Terawan Agus Putranto, Sp. Rad. (K) menjadi instruktur upacara pada upacara puncak peringatan Hari Kesehatan Nasional yang ke 56 tersebut.

                               Upacara bendera di Kementerian Kesehatan RI berakhir pada pukul 09.00 WIB, namun kegiatan di Gedung Sunan Pandanaran Klaten masih berlangsung beberapa acara yang telah disusun sebelumnya oleh panitia. Setelah upacara bendera berakhir, kegiatan dilanjutkan dengan laporan kegiatan Hari Kesehatan Nasional oleh Kepada Dinas Kesehatan Kabupaten Klaten, dr. Cahyono Widodo, M. Kes dilanjutkan dengan pidato sambutan dari PJS Bupati Klaten Dr. A.P. Ir. Sujarwanto Dwiatmoko, M.Si.

                               Setelah sambutan PJS Bupati Klaten, acara dilanjutkan sambutan dari Ketua PERSI dan Kaper BKKBN Jawa tengah Martin Suanta, SE, M.Si dan diteruskan dengan penyerahan Reward Lomba Pelayanan Keluarga Berencana Rumah Sakit (PKBRS) untuk Rumah Sakit Tipe C dan Tipe D Tingkat Provinsi Jawa Tengah tahun 2020 oleh Tim Provinsi (BKKBN PERSI).

                               Sebagai penutup acara, PJS Bupati memimpin kegiatan gerakan tepuk tangan selama 56 detik yang menjadi salah satu kampanye untuk menunjukkan apresiasi dan semangat bagi para tenaga medis dalam berjuang melawan pandemi COVID-19 yang saat ini masih melanda.

Di lain sisi, RSUP dr. Soeradji Tirtonegoro juga menyelenggarakan upacara HKN yang diselenggarakan di Gedung Pertemuan Lantai 2. Upacara diikuti oleh 35 pejabat yang terdiri dari Kepala Bagian, Kepala Bidang dan Kepala Instalasi RSUP dr. Soeradji Tirtonegoro Klaten dan dilakukan secara daring, dengan mengikuti upacara bendera yang dilaksanakan oleh Kementerian Kesehatan Republik Indonesia. Tampak peserta-peserta upacara secara khidmat mengikuti jalannya upacara sampai selesai. Tepat pada pukul 12.00 WIB Direksi, pejabat struktural, dan perwakilan civitas hospitalia berdiri berjajar rapi di halaman RSST untuk bersama-sama memekikkan tema HKN 2020 dan melakukan gerakan bertepuk tangan selama 56 detik. Dengan tujuan mengapresiasi dan menyemangati para pahlawan-pahlawan COVID-19.