Rabu, 14 Oktober 2020 16:06 WIB

IPKRS dan Keswamas RSJ. Dr. H. Marzoeki Mahdi Bogor Raih Juara Lomba Pelayanan Keswamas

Responsive image
32 kali
Hukormas - RS Dr.H.Marzoeki Mahdi Bogor

BOGOR - Hari Kesehatan Jiwa Sedunia (HKJS) atau World Mental Health Day (WMHD), yang jatuh pada tanggal 10 Oktober 2020, merupakan HKJS yang ke-28 tahun, sejak pertama kali digulirkan pada tanggal 10 Oktober 1992, yang digagas oleh Richard Hunter, sebagai Wakil Sekjen Federasi Kesehatan Mental.

World Federation for Mental Health (WFMH) pada peringatan hari kesehatan jiwa sedunia tahun 2020 ini meluncurkan tema Mental Health For All : Greater Investment - Reater Access, Everyone Everywhere (Kesehatan Jiwa Untuk Semua : Investasi Lebih Besar - Akses Lebih Luas, Untuk Semua Dimana saja).

Dr. Tedros Adhanom Ghebreyesus, sebagai Direktur Jendral WHO menyatakan bahwa, hampir 1 milyar orang hidup dengan gangguan mental dan 1 orang meninggal dalam 40 detik karena bunuh diri. Sejalan hal tersebut, Survei WHO yang dilakukan pada bulan Juni s.d Agustus 2020, menunjukan bahwa wabah Pandemi Covid 19 telah mengganggu Layanan Kesehatan Mental di 95% dari 130 negara di dunia.

Di Indonesia sendiri, melalui Kementerian Kesehatan RI, HKJS diperingati dg tema Sehat Jiwa di Masa Adaptasi Kebiasaan Baru Pandemi Covid 19, Menuju SDM Unggul, Indonesia Maju.

Assosiasi Rumah Sakit Jiwa dan Ketergantungan Obat Indonesia (Arsawakoi), bekerjasama dg Direktorat P2 Masalah Kesehatan Jiwa dan Napza Kemenkes RI, menggelar lomba Rumah Sakit Jiwa dengan Pelayanan Kesehatan Jiwa Masyarakat terbaik tingkat nasional dalam bentuk layanan inovatif yang disajikan melalui narasi program dan pembuatan video pendek.

Berkat dukungan dari berbagai pihak, terutama Direksi dan Karyawan RSJ.Dr.H. Marzoeki Mahdi (RSJMM) Bogor, serta partisipasi stake holder yg berada di Dinas Kesehatan, Dinas Sosial, panti sosial, balai sosial, organisasi masyarakat, institusi pendidikan, institusi swasta, puskesmas, pekerja sosial, pendamping, kader, relawan, keluarga ODGJ, dll, Se-Indonesia yang memberikan suport dan dukungannya melalui Like, Subscribe, Comment dan Share kanal Youtube, serta penilaian dari para dewan juri. Akhirnya ditetapkan bahwa Video dan Program Layanan Kesehatan Jiwa Masyarakat Instalasi Promosi Kesehatan Rumah Sakit dan Kesehatan Jiwa Masyarakat (PKRS & KJM) RSJMM, menjadi Juara 2 Lomba Terbaik Tingkat Nasional.