Selasa, 13 Oktober 2020 21:41 WIB

Ruang Isolasi Bertekanan Negatif RSUP HAM Tingkatkan Angka Kesembuhan Pasien Covid-19

Responsive image
52 kali
(*/swt) - RSUP H. Adam Malik Medan

MEDAN – Sejak diaktifkannya Ruang Isolasi Bertekanan Negatif milik Rumah Sakit Umum Pusat Haji Adam Malik (RSUP HAM) Medan, tingkat kesembuhan pasien terus meningkat. Sampai hari Senin tanggal 12 Oktober 2020 sebanyak 345 orang total pasien sembuh dari Covid-19.

Ruang Isolasi Bertekanan Negatif satu-satunya di Sumatera Utara ini terdiri dari 15 tempat tidur, dimana 8 tempat tidur diantaranya telah difasilitasi ventilator. Kelimabelas ruangan ini nantinya akan dilengkapi sebagaimana ICU sesuai dengan rencana awal pembuatan Ruang Isolasi Bertekanan Negatif ini.

“Ruang Isolasi Bertekanan Negatif diresmikan Senin, 5 Agustus 2020. Hari itu juga langsung terima pasien. Dari 15 tempat tidur, kita buat 8 tempat tidur dengan ventilator. Namun pada intinya, kelimabelas tempat tidur itu disiapkan sebagai ruang ICU tergantung kebutuhan nantinya,” kata Direktur Utama RSUP HAM, dr Zainal Safri SpPD-KKV SpJP (K) didampingi salah satu anggota Tim Penanganan Covid-19, Penyakit Infeksi New-Emerging dan Remerging (PINERE) RSUP HAM, dr Ade Rahmaini SpP.

Ruangan Isolasi ini dibuat bertekanan negatif untuk melindungi tenaga kesehatan maupun non kesehatan yang turut terlibat dalam penanganan pasien covid-19, dimana udara di dalam ruangan rawat pasien tidak akan menyebar ke area lainnya sehingga penyebaran virus dapat diminimalisir. Adapun pasien yang dirawat di ruangan ini adalah pasien dengan kategori sedang sampai kategori berat.

“Dengan adanya Ruang Isolasi Bertekanan Negatif dengan segala fasilitas sarana dan prasarana yang dimiliki diharapkan RSUP HAM dapat menangani pasien covid-19 dengan maksimal,” tutup Zainal.