WORKSHOP PEMANTAPAN PELAKSANAAN AKREDITASI LABORATORIUM KESEHATAN DAK-NF 2018

Tanggal : 27-Mar-2018 | Dilihat : 1262 kali

SEMARANG - Dalam upaya memberikan Pelayanan Laboratorium Kesehatan yang berkualitas, khususnya di laboratorium milik pemerintah, Kementerian Kesehatan telah melakukan berbagai upaya percepatan. Direktorat Jenderal Pelayanan Kesehatan selaku unit Unit yang menangani Laboratorium Kesehatan, Melalui Direktorat Mutu dan Akreditasi Pelayanan Kesehatan  menyelenggarakan Workshop Pemantapan Pelaksanaan Akreditasi Laboratorium DAK NF 2018.

Direktur Mutu dan Akreditasi Pelayanan Kesehatan dr. Eka Viora, Sp.KJ, berkesempatan untuk membuka langsung workshop yang berlangsung pada 26-28 Maret 2018 di Kota Semarang, Jawa Tengah.

dr. Eka Viora, Sp.KJ mengungkapkan saat ini jumlah laboratorium kesehatan sebanyak 1126, yang terdiri 231 milik pemerintah baik pusat maupun daerah dan 895 laboratorium klinik swasta. Dari ribuan laboratorium tersebut, baru 109 laboratorium yang terakreditasi, ditargetkan tahun 2018 200 laboratorium kembali dapat terakreditasi.

Berdasar data yang diperoleh dari KALK (Komite Akreditasi Laboratorium Kesehatan) jumlah Surveior Akreditasi Laboratorium Kesehatan saat ini baru berjumlah 77 orang. Berdasar data tersebut sangat disadari tingginya kebutuhan akan Surveior yang profesional guna mendukung suksesnya Akreditasi Laboratorium Kesehatan tahun 2018. (rfs)

**Berita ini disiarkan oleh Bagian Hukormas, Sekretariat Direktorat Jenderal Pelayanan  Kesehatan Kementerian Kesehatan RI. Untuk informasi lebih lanjut dapat menghubungi melalui nomor telepon : 021-5277734 atau alamat e-mail : humas.yankes@gmail.com