WAPRES RI : KESEHATAN DIMULAI DARI KEBIASAAN HIDUP SEHAT

Tanggal : 14-Nov-2017 | Dilihat : 49 kali

JAKARTA –  Kesehatan itu kebutuhan yang sangat mutlak untuk kita semua. Kita boleh kekurangan yang lain, tetapi jangan sampai kita kekurangan kesehatan. Untuk itu, kita harus menjalankan kebiasaan hidup sehat yang dimulai dari diri sendiri, masyarakat dan lingkungan kita. Saya mengajak kita semua untuk perilaku sehat sebagai budaya sehari-hari.

Demikianlah yang disampaikan Wapres RI, Yusuf Kalla pada acara puncak peringatan Hari Kesehatan Nasional (HKN) 2017 pada 12 November 2017, di arena Car Free Day.

“Seperti apa kebiasaan hidup sehat yaitu : Pertama, bergerak, seperti jalan kaki, naik tangga, membersihkan rumah, olah raga juga menjadi bagian penting dalam hidup sehat. Gunakan tubuh kita untuk bekerja dan berolahraga. Kedua, makan sehat dengan gizi seimbang. Ketiga, istirahat yang cukup, jangan stress. Keempat, rutin memeriksa kesehatan dengan deteksi dini penyakit dapat dicegah. Kelima, tidak merokok. Keenam, upayakan lingkungan yang bersih dan sehat,”ungkap Wapres RI.

Wapres RI juga menambahkan walaupun ada rumah sakit, tetapi rumah sakit adalah upaya terakhir. Selain itu, konsumsi obat juga penting, namun terpenting bagaimana kita menerapkan kebiasaan hidup sehat yang dimulai dari sekarang.

“Apabila suatu kota dengan kondisi rumah sakit-nya penuh, artinya kota tersebut belum menerapkan kebiasaan hidup sehat. Negara yang rakyatnya sehat artinya dana jaminan kesehatan tidak defisit,” jelas Wapres RI.

Pada akhir sambutan, Wapres RI mengucapkan selamat dan terima kasih kepada petugas kesehatan, maupun Kementerian Kesehatan RI atas segala upaya untuk mencapai Indonesia Sehat.

**Berita ini disiarkan oleh Bagian Hukormas, Sekretariat Direktorat Jenderal Pelayanan Kesehatan Kementerian Kesehatan RI. Untuk informasi lebih lanjut dapat menghubungi melalui nomor telepon : 021-5277734 atau alamat e-mail :humas.yankes @gmail.com