PELAKSANAAN PENILAIAN PEMANFAATAN TOGA TINGKAT NASIONAL DI PROVINSI BANGKA BELITUNG

Tanggal : 20-Aug-2018 | Dilihat : 798 kali

Pangkal Pinang (13/08) - Penilaian Pemanfaatan Toga Tingkat Nasional  dibuka oleh Plh. Kasubdit Yankestrad Empiris Direktorat Pelayanan Kesehatan Tradisional Kemenkes dr. Aldrin Neilwan P,Sp.AK,Mkes,MARS,M.Biomed,SH mewakili Direktur Pelayanan Kesehatan Tradisional  yang dihadiri oleh Walikota Pangkalpinang atau yang mewakili, SKPD di wilayah Kota Pangkal Pinang, Kader TOGA dan Akupresur, Keluarga Binaan serta Seluruh Tamu Undangannya.

Penilaian Kelompok Asuhan mandiri Pemanfaatan TOGA dan Akupresur Tingkat Nasional Tahun 2018, untuk  melakukan verifikasi dan penilaian lapangan terhadap hasil verifikasi dokumen yang telah kami terima dan hasil penilaian ini digunakan untuk  menentukan pemenang. Pemenang di tetapkan berdasarkan kategori wilayah, meliputi kategori wilayah Kota, kategori wilayah Desa dan kategori Daerah Terpencil. Jumlah yang mengirimkan dokumen untuk seleksi adalah 32 daerah dari 21 provinsi. 

Tim Penilai dari Kementerian Kesehatan Direktorat Pelayanan Kesehatan Tradisional menyampaikan apresiasi kepada Walikota dan jajarannya yang sudah turut mengembangkan TOGA dan Akupresur sebagai salah satu upaya pemberdayaan masyarakat.. Adapun hasil dari Penilaian Pemanfaatan TOGA  akan diumumkan pada puncak Hari Kesehatan Nasional di Jakarta. Semoga kegiatan ini dapat menjadi momentum yang dapat meningkatkan kesadaran dan kemandirian masyarakat dalam memelihara kesehatannya dengan memanfaatkan TOGA dan Akupresur. 

Kegiatan Penilaian Kelompok Asuhan mandiri Pemanfaatan TOGA dan Akupresur merupakan salah satu implementasi dari program asuhan mandiri Pemanfaatan TOGA dan Akupresur yang bertujuan mendorong masyarakat agar dapat menjaga kesehatan diri sendiri, keluarga dan lingkungannya, 

Dalam rangka meningkatkan derajat kesehatan masyarakat, mencegah penyakit dan pada akhirnya akan menghasilkan generasi bangsa yang berdaya saing tinggi, dengan melakukan asuhan mandiri berarti kita telah berupaya menggeser paradigma kuratif menjadi promotif dan preventif, yang bermanfaat dalam rangka efisiensi dan efektif bagi keluarga dalam menjaga kesehatan diri sendiri dan keluarga dan dapat mengurangi jumlah pasien yang berobat ke fasilitas pelayanan kesehatan. Masyarakat yang datang ke Puskesmas dalam rangka untuk mengkonsultasikan kesehatannya dan bukan untuk mengobati sakitnya

Dalam sambutannya  Kepala Dinkes Kepulauan Bangka Belitung menyampaikan melalui Puskesmas Gerunggang yang telah melaksanakan bimbingan pembinaan kepada beberapa kelompok Asuhan Mandiri di Kelurahan Bukit Merapin Kec.Gerunggang kota Pangkal Pinang menjadi peringkat pertama tingkat provinsi dalam kategori perkotaan dan sudah memperoleh 4 besar tingkat Nasional tahun 2017 semoga tahun 2018 akan mendapat peringkat satu tingkat Nasional.

Dengan  diselenggarakannya Penilaian Tingkat Nasional ini yaitu Penilaian kelompok Binaan Asman pemanfaatan Toga dan Akupresure bisa meningkatkan motivasi dan apresiasi terhadap pemanfaatan TOGA dan Akupresure untuk memelihara dan meningkatkan status kesehatan diri, keluarga dan masyarakat di Kelurahan Bukit Merapin.