TOT PENINGKATAN KAPASITAS TENAGA KESEHATAN DALAM PELAYANAN AKUPRESUR DI PUSKESMAS

Tanggal : 28-Feb-2018 | Dilihat : 1978 kali

JAKARTA -  Kegiatan TOT Peningkatan Kapasitas Tenaga Kesehatan Dalam Pelayanan Akupresur di laksanakan di Hotel Kartika Chandra Jakarta dari tanggal 26 Februari s/d 7 Maret 2018. Kegiatan tersebut di buka oleh Direktur Pelayanan Kesehatan Tradisional Dr. dr. Ina Rosalina, Sp.A(K), M.Kes, MH.Kes. Dalam sambutannya Direktur Pelayanan Kesehatan Tradisional menyatakan bahwa dalam mewujudkan derajat kesehatan masyarakat yang setinggi-tingginya dilakukan berbagai upaya dalam pelayanan kesehatan terutama melalui upaya promotif dan preventif. Merujuk pasal 48 UU No 36 Tahun 2009 tentang Kesehatan, pelayanan kesehatan tradisional merupalan salah satu kegiatan dalam upaya kesehatan.

Sejalan dengan perkembangannya, pelayanan kesehatan tradisinal dapat diimplementasikan dalam bentuk pelayanan kesehatan tradisional empiris, komplementer dan integrasi dimana pelayanan kesehatan tradisional komplementer diintegrasikan dengan pelayanan kesehatan konvensional di fasilitas pelayanan kesehatan.

Salah satu pelayanan kesehatan tradisional yang aman, bermanfaat, dan bermutu serta dapat diintegrasikan di fasilitas pelayanan kesehatan adalah pelayanan akupresur. Salah satu upaya untuk memberikan akses pada masyarakat terhadap pelayanan akupresur yang aman, efektif dan bermutu adalah dengan menyediakan tenaga kesehatan yang kompeten di bidang tersebut.

Disebutkan juga bahwa kegiatan TOT tersebut diselenggarakan untuk menghasilkan tenaga-tenaga pelatih di bidang pelayanan akupresur guna mempercepat tersedianya tenaga kesehatan di puskesmas yang kompeten dalam pelayanan akupresur.

Dengan tersedianya tenaga pelatih akupresur di berbagai daerah diharapkan ke depannya seluruh Fasilitas Pelayanan Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP) di Indonesia dapat melakukan Pelayanan Akupresur di Puskesmas di daerahnya masing-masing. Sebagai salah satu upaya mencapai indicator Renstra Kementerian Kesehatan 2015 – 2019 yaitu Puskesmas yang menyelenggarakan kesehatan tradisional.

Pada akhir sambutannya Direktur Pelayanan Kesehatan Tradisional mengharapkan ke 27 tenaga kesehatan baru siap melaksanakan tugas sebagai “pelatih” yang kompeten di daerahnya masing-masing.(amc/eka)

**Berita ini disiarkan oleh Bagian Hukormas, Sekretariat Direktorat Jenderal Pelayanan Kesehatan Kementerian Kesehatan RI. Untuk informasi lebih lanjut dapat menghubungi melalui nomor telepon : 021-5277734 atau alamat e-mail : humas.yankes@gmail.com