TOT ASUHAN MANDIRI PEMANFAATAN TOGA DAN AKUPRESURE

Tanggal : 08-Mar-2018 | Dilihat : 817 kali

Jakarta (05/03) - TOT Asuhan Mandiri Pemanfaatan TOGA  Dan Akupresure dibuka oleh Direktur Pelayanan Kesehatan Tradisional diikuti oleh peserta dari Dinkes Provinsi , Bapelkes, dan TP-PKK yang dilaksanakan di Hotel Bidakara Jakarta dari tanggal 5 – 11 Maret 2018.

Dalam sambutannya Direktur Yankestrad menyampaikan untuk mewujudkan derajat kesehatan masyarakat yang setinggi-tingginya dilakukan berbagai upaya dan pelayanan kesehatan terutama melalui upaya promotif dan prefentif dalam pendekatan keluarga.

Asuhan mandiri kesehatan tradisional melalui pemanfaatan tanaman obat keluarga (TOGA) dan akupresure merupakan upaya kesehatan tradisional yang dapat dilakukan sendiri oleh masyarakat/keluarga dalam mengatasi gangguan kesehatan ringan yang ada didalam keluarga, sehingga dengan asuhan mandiri kesehatan tradisional diharapkan masyarakat dapat mewujudkan keluarga sehat secara mandiri.

Untuk melakukan asuhan mandiri kesehatan tradisional secara baik dan benar maka perlu adanya pengetahuan dan keterampilan yang diberikan secara berjenjang, mulai dari Kemenkes akan melatih tim pelatih tingkat provinsi, Dinkes Provinsi akan melatih tim Pelatih tingkat Kabupaten/Kota, Dinkes Kabupaten/Kota akan melatih Fasilitator Puskesmas.

Fasilitator puskesmas akan memberikan orientasi kepada kader, selanjutnya kader akan mensosialisasikan kepada keluarga yang ada di masyarakat sekitarnya.  Direktorat Yankestrad akan melakukan pelatihan bagi tim pelatih tingkat Provinsi yang terdiri dari petugas Dinkes Provinsi, Bapelkes, dan TP-PKK, yang selanjutnya tim tersebut akan ditetapkan oleh kepala Dinkes Provinsi sebagai tim pelatih tingkat provinsi.

Dengan tersedianya tenaga pelatih asuhan mandiri pemanfaatan TOGA dan akupresure diharapkan sosialisasi dan edukasi asuhan mandiri kepada masyarakat dapat terselenggara dengan lebih optimal dan akan mendorong pencapaian Renstra Kementerian Kesehatan 2015-2019 yaitu Puskesmas yang menyelenggarakan kesehatan tradisional, dengan salah satu definisi operasionalnya adalah puskesmas yang membina asuhan mandiri di masyarakat.

Harapan setelah mengikuti TOT Asuhan Mandiri Pemanfaatan Toga dan Akupresure tenaga tersebut dapat siap melaksanakan tugas sebagai pelatih yang kompeten dalam pengembangan Asuhan Mandiri Pemanfaatan Toga Dan Akupresure didesa masing-masing dan dapat memberikan manfaat bagi masyarakat.