KEMENKES GELAR LOMBA MEMBUAT RAMUAN TOGA

Tanggal : 03-Nov-2017 | Dilihat : 2468 kali

Jakarta (03/11) - Bertempat di halaman kantor Kementerian Kesehatan RI diadakan Perlombaan Ramuan Toga. Kegiatan ini merupakan salah satu rangkaian acara peringatan Hari Kesehatan Nasional (HKN) tahun 2017 yang telah memasuki tahun ke -53 dan mengusung tema “Sehat Keluargaku, Sehat Indonesiaku”.

Dalam sambutan Direktur Jenderal Pelayanan Kesehatan yang diwakili oleh Direktur Pelayanan Kesehatan Tradisional, Dr.dr.Ina Rosalina, Sp.A(K),M.Kes, menjelaskan bahwa dalam mencapai tujuan pembangunan kesehatan dilakukan dalam berbagai program, salah satu diantaranya dengan program pelayanan kesehatan tradisional. Pelayanan Kesehatan Tradisional dapat dimanfaatkan sebagai suatu bentuk upaya untuk mengatasi gangguan kesehatan ringan juga dalam hal pemeliharaan kesehatan dengan Asuhan Mandiri Kesehatn Tradisional melalui Pemanfaatan Taman Obat Keluarga (Toga) dan Akupresur. Hal ini sejalan dengan pilar pembangunan kesehatan yaitu paradigma sehat yang mengedepankan upaya promotif dan preventif serta kegiatan yang saat ini dikembangkan oleh Kementerian Kesehatan yaitu Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (GERMAS) dan Program Indonesia Sehat dengan Pendekatan Keluarga (PIS-PK).

Sebagai penutup, Dirjen Yankes berharap semoga dengan kegiatan lomba dalam memanfaatkan ramuan obat tradisional ini menjadi salah satu upaya  dalam menjaga kesehatan, meningkatkan kebugaran serta meningkatkan produktivitas kerja, sekaligus menjaga ramuan tradisional nenek moyang  yang sudah diterapkan secara turun temurun.

Kegiatan lomba membuat ramuan ini diikuti oleh 16 kelompok peserta yang berasal dari pegawai di lingkungan kantor pusat Kementerian Kesehatan. Pemenang lomba ini rencananya akan diumumkan pada tanggal 13 November 2017 saat Upacara Peringatan HKN ke-53. (iw)

**Berita ini disiarkan oleh Bagian Hukormas, Sekretariat Direktorat Jenderal Pelayanan Kesehatan Kementerian Kesehatan RI. Untuk informasi lebih lanjut dapat menghubungi melalui nomor telepon : 021-5277734 atau alamat e-mail :humas.yankes@gmail.com