TIM JURI DAN PENILAI PENGHARGAAN TOP 40 KEMENPAN RB LAKUKAN SURVEI KE NCC 119

Tanggal : 15-Jul-2017 | Dilihat : 158 kali

Jakarta - Dalam rangka penilaian dan penjurian Penghargaan Top 40 Pelayanan Publik dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi, Tim juri dan penilai Kemenpan RB melakukan kunjungan ke National Command Center 119 Kementerian Kesehatan. Tim Kemenpan RB yang terdiri dari beberapa pimpinan dan pejabat di Lingkungan Kemenpan RB serta Tim Penilai Independen dari para akademisi dan praktisi. Dalam kunjungan tersebut, Tim Kemenpan RB diterima langsung oleh  Direktur Jenderal Pelayanan Kesehatan dr. Bambang Wibowo, Sp.OG(K), MARS, bersama Direktur Pelayanan Kesehatan Rujukan serta Kepala Biro Komunikasi dan Pelayanan Masyarakat.

Tim Juri dan Penilai Kemenpan RB melakukan kunjungan ke NCC 119 Kemenkes RI dalam rangka mensurvei guna mengetahui gambaran pelayanan publik apa yang dilakukan oleh NCC 119 serta kelayakannya apakah dapat lolos untuk mendapatkan peghargaan TOP 40 pelayanan public dari Kemenpan RB. Tim Kemenpan RB menggali berbagai informasi dari NCC 119, sepert bagaimana aplikasi nya di daerah dan apa manfaat yang dimasyarakat masyarakat dengan kehadiran NCC 119. 

Layanan 119 merupakan kolaborasi nasional antara Pemerintah Pusat dengan Pemerintah Daerah, dimana terjadi integrasi layanan antara Pusat Komando Nasional atau National Command Center (NCC) yang berada di Kantor Kementerian Kesehatan, Jakarta, dengan Public Safety Center(PSC) yang berada di tiap Kabupaten/Kota.  Cara kerjanya adalah dimana ketika NCC mendapat laporan masuk dari pasien, NCC akan menghubungkannya dengan Public Safety Center (PSC) yang ada di tiap kota untuk selanjutnya dilakukan penanganan, sehingga NCC pusat hanya sebagai back up atau pengendali pusat, sedangkan penanganan pasien langsung berada pada pada PSC masing-masing daerah.

Salah satu inovasi dan terobosan yang dilakukan oleh PSC-PSC daerah adalah penggunaan ambulance motor yang mampu lebih menjangkau daerah-daerah yang tidak dapat dilalui kendaraan roda empat. Hal tersebut sangat dirasakan manfaatnya pada arus mudik dan arus balik lebaran 2017, dimana kemacetan menjadi permasalahan utama, sehingga keberadaan ambulance motor dapat menjadi solusi penanganan cepat terhadap kasus-kasus kegawatdaruratan. 

Dari kunjungan tersebut Tim Kemenpan RB mendapatkan gambaran lebih jelas mengenai seperti apa NCC 119 dan perkembangan kedepannya. Tim Kemenpan RB berpendapat bahwa NCC 119 menjadi salah satu solusi bagi masyarakat ketika menghadapi kasus kegawatdaruratan, serta tidak terkesan mendikte daerah sehingga masing-masing daerah dapat berimprovisasi dalam hal pelayanan di masing-masing PSC dan menyesuaikan dengan kebutuhan dan kondisi masing-masing daerahnya.