TIM FHC : IMUNISASI DAN MAKANAN SEHAT, SOLUSI UPAYA PENCEGAHAN WABAH CAMPAK DAN GIZI BURUK

Tanggal : 26-Jan-2018 | Dilihat : 749 kali

Asmat (26/01) – Tim Flying Health Care (FHC) gelombang II memberikan penyuluhan makanan sehat kepada masyarakat Asmat guna mengedukasi masyarakat setempat tentang perlunya gizi bagi tubuh manusia. Tim melakukan penyuluhan tersebut di halaman Gereja Protestan Indonesia, yang sekaligus menjadi tempat perawatan bagi pasien pemulihan gizi yang dikirim dari RSUD Agats.

Dalam penyuluhan ini, tim mengedukasi para orang tua pasien campak dan gizi buruk terkait makanan sehat alami, yang berasal dari alam. Makanan tersebut dapat berupa buah-buahan, sayuran, lauk-pauk baik itu mengandung protein nabati maupun hewani, dan umbi-umbian. 

Selain mengadakan penyuluhan terkait makanan sehat bergizi di gereja, tim FHC juga mengadakan penyuluhan tentang campak dan gizi buruk di Masjid An- Nur, Agats seusai sholat Jum’at. Penyuluhan tersebut dilakukan olah tim yang beranggotakan dr. Feri, Sp.Pd, dr. Rukmoni, Sp.OG, dan dr. Supriadi.

dr. Feri menjelaskan bahwa penyakit campak hanya bisa dilawan oleh kekebalan tubuh. Banyaknya anak yang kemudian meninggal karena campak dikarenakan biasanya campak diiringi oleh komplikasi seperti infeksi paru, infeksi otak dan infeksi mata.

“Untuk mencegah dan menjaga diri dari bahaya campak, satu-satunya pencegahan adalah dengan imunisasi campak,” tambah dr. Supriadi.

Selain memberikan penyuluhan tentang campak, dr. Rukmoni juga menyampaikan penyuluhan tentang pentingnya asupan makanan bergizi. dr. Rukmoni berpesan, agar masyarakat dapat lebih memperhatikan jenis asupan makanan mereka agar dapat memenuhi nilai gizi. 

**Berita ini disiarkan oleh Bagian Hukormas, Sekretariat Direktorat Jenderal Pelayanan  Kesehatan Kementerian Kesehatan RI. Untuk informasi lebih lanjut dapat menghubungi melalui nomor telepon : 021-5277734 atau alamat e-mail : humas.yankes@gmail.com