SURVEIOR FKTP ANGKATAN VI TAHUN 2018

Tanggal : 06-Aug-2018 | Dilihat : 219 kali

Semarang (29/7) - Akreditasi Puskesmas belum menjadi budaya sebagai salah satu upaya untuk meningkatkan mutu layanan yang berkelanjutan. Diperlukan kerja keras untuk merubah sebagian paradigma yang menyatakan akreditasi baru sebatas kewajiban menjadi kebutuhan dan sarana mewujudkan budaya mutu dalam upaya peningkatan layanan kesehatan yang berkelanjutan.

Untuk itu Surveior harus menjadi agen perubahan (Agent of Changes) dalam upaya perbaikan mutu di palayanan kesehatan dasar secara berkelanjutan. Agar dapat menjadi agent of changes maka seorang surveior harus menjadi Role Model (panutan) dalam menerapkan budaya mutu di palayanan kesehatan dasar. Sebagai Role Model tentunya diperlukan kompetensi (knowledge, Skill dan Attitude) yang optimal. 

Dalam rangka meningkatkan kualitas surveior sebagai salah satu unsur vital dalam penyelenggaraan akreditasi FKTP, maka sejak tahun 2018 sistem rekrutmen surveior oleh Komisi Akreditasi FKTP meningkatkan persyaratan calon surveior dan dilakukan secara bertahap, dimulai seleksi adiministrasi secara online berbasis web melalui www.siaf.kemkes.go.id, selanjutnya calon yang lulus administrasi dilakukan tes uji wawasan melalui wawancara dan tes kemampuan komputer. 

sistem rekruitmen calon surveyor  terdiri dari 3 tahap : 1.) Seleksi administrasi secara online. 2.) Seleksi uji wawasan melalui wawancara dan kemampuan mengoperasionalkan komputer (bagi yang lulus tahap I) 3.)Seleksi melalui pelatihan calon surveior

Evaluasi peserta Peningkatan Kemampuan Teknis Bagi Tenaga Kesehatan Sebagai Surveior Akreditasi Fasilitas Pelayanan Kesehatan Primer (FKTP) Angkatan VI Tahun 2018 meliputi: 1) Pengetahuan (Knowledge), 2) Sikap (Attitude) dan 3) Keterampilan (Skill). Sedangkan untuk evaluasi pelatihan melalui pre-post test.

**Berita ini disiarkan oleh Bagian Hukormas, Sekretariat Direktorat Jenderal Pelayanan Kesehatan Kementerian Kesehatan RI. Untuk informasi lebih lanjut dapat menghubungi melalui nomor telepon : 021-5277734 atau alamat e-mail :humas.yankes @gmail.com