STANDAR NASIONAL AKREDITASI RUMAH SAKIT EDISI 1 UNTUK DEWAN PENGAWAS RUMAH SAKIT VERTIKAL

Tanggal : 15-Sep-2017 | Dilihat : 2864 kali

Jakarta (15/9) – Pelaksanaan Sosialisasi Standar Nasional Akreditasi Rumah Sakit Edisi 1 untuk Dewan Pengawas Rumah Sakit Vertikal ini di sambut baik oleh Direktur Jenderal Pelayanan Kesehatan Kemenkes, dan harapan Direktur Jenderal Pelayanan Semoga kegiatan ini menjadi media untuk peningkatan wawasan dan pemahaman peserta dalam upaya pemenuhan standar akreditasi yang baru, terutama RS yang akan melaksanakan re-akreditasi pada tahun 2018, sehingga peningkatan mutu dan keselamatan pasien rumah sakit di Indonesia dapat diwujudkan.

Pada tanggal 8 Agustus 2017 KARS telah me-launching Standar Nasional Akreditasi Rumah Sakit (SNARS) Edisi di Jakarta. Pertemuan yang di hadiri oleh perwakilan Dewas RS Vertikal ini juga bertujuan untuk mensosialisasikan Standar Nasional Akreditasi Rumah Sakit (SNARS) Edisi 1 sehingga Dewan Pengawas yang merupakan representasi  memiliki pemahaman yang sama dengan RS terkait dengan Tata Kelola Rumah Sakit yang baik khususnya dalam meningkatkan Budaya Mutu dan Keselamatan Pasien.  Dewas juga memiliki peran yang penting untuk mendorong, mengawal dan memantau proses akreditasi agar hasil yang diperoleh tidak menurun . Misalnya saat ini  ada RS Vertikal yang sudah lulus paripurna kemudian pada reakreditasi turun menjadi Madya.

materi yang akan disampaikan dalam kegitan tersebut antaralain; tentang Sinergi Kebijakan Akreditasi Rumah Sakit di Indonesia, yang di sampaikan oleh dr. Bambang Wibowo, Sp.OG (K), MARS, Direktur Jenderal Pelayanan Kesehatan Kemenkes;  dan Dr. dr. Sutoto, M.Kes, Ketua Eksekutif KARS tentang Overview Standar Nasional Akreditasi Rumah Sakit (SNARS) Edisi 1 dan KARS Internasional; dr. Nico A. Lumenta, K.Nefro, MM, MHKes KARS tentang Asuhan Berfokus Pasien pada SNARS Edisi 1; dr. Luwiharsih, M.Sc KARS tentang Peran Dewan Pengawas Dalam Tata Kelola Rumah Sakit pada SNARS Edisi 1 serta Upaya Keselamatan di Rumah Sakit Sesuai SNARS Edisi 1.

Dari kegiatan ini akan disusun rencana tindak lanjut untuk penerapan Standar Nasional Akreditasi Rumah Sakit Edisi 1 di Rumah Sakit Vertikal, mengingat beberapa Rumah Sakit Vertikal akan melaksanakan re-akreditasi nasional pada tahun 2018.

**Berita ini disiarkan oleh Bagian Hukormas, Sekretariat Direktorat Jenderal pelayanan Kesehatan Kementerian Kesehatan RI. Untuk informasi lebih lanjut dapat menghubungi melalui nomor telepon : 021-5277734 atau alamat e-mail : humas.yankes@gmail.com