DIREKTUR JENDERAL PELAYANAN KESEHATAN TINJAU LOKASI POS KESEHATAN MILIK KEMKES DI KM 88A TOL CIPULARANG DAN KM 101B TOL CIPALI

Tanggal : 08-Jun-2018 | Dilihat : 843 kali

Subang (08/06) – Direktur Jenderal Pelayanan Kesehatan dr. Bambang Wibowo, Sp.OG(K), MARS melakukan peninjauan kesiapan fasilitas pelayanan kesehatan menghadapi mudik lebaran 2018. Tinjauan dilakukan ke Rest Area KM 88A Tol Cipularang dan KM 101B  Tol Cipali.

Lokasi yang dikunjungi merupakan lokasi penempatan Pos Kesehatan Milik Kemenkes yang dioperasionalkan oleh Dinas Kesehatan Setempat. Untuk Rest Area KM 88A Tol Cipularang, Pengelolaannya menjadi tanggung jawab Dinas Kesehatan Kabupaten Purwakarta, sedangkan untuk Rest Area KM 101A Tol Cipali pengelolaannya menjadi tanggung jawab Dinas Kesehatan Subang.

Lokasi yang pertama kali dikunjungi adalah Pos Kesehatan di Rest Area KM 88A, Menteri Kesehatan Bersama Sekretaris Jenderal Kemenkes Turut serta dalam rombongan. Dalam kunjungan tersebut Rombongan mengecek kesiapan Pos Kesehatan dan Kesiapsiagaan dalam menghadapi libur mudik lebaran. Pos kesehatan tersebut memiliki ukuran 6×6 meter dan berdiri di atas lahan 8×8 meter. Pelayanan yang diberikan berupa pengobatan umum, pelayanan kesehatan tradisional, pelayanan kegawatdaruratan, dan pelayanan transportasi rujukan medis.

Setelah mengunjungi Pos Kesehatan di Rest Area KM 88A Tol Cipularang, Direktur Jenderal Pelayanan Kesehatan dr. Bambang Wibowo, Sp.OG(K), MARS melanjutkan kunjungan menuju Pos Kesehatan di Rest Area KM 101B Tol Cipali. Peninjauan kali ini, Dirjen Yankes didampingi oleh Direktur Pelayanan Kesehatan Rujukan, Direktur Pelayanan Kesehatan Primer, serta Direktur Fasilitas Pelayanan Kesehatan.

Pos Kesehatan Rest Area KM 101B Tol Cipali, pengelolaannya menjadi tanggung jawab Dinas Kesehatan Kabupaten Subang. Fasilitas yang tersedia pada pos kesehatan Rest Area KM 101B kurang lebih sama dengan Pos Kesehatan Rest Area Km 88A hanya Fokus pelayanannya untuk Pos Kesehatan Rest Area Km 101B untuk memberikan pelayanan pada pemudik di arus balik. 

Pendirian pos kesehatan ini merupakan bentuk upaya sektor kesehatan untuk mendekatkan pelayanan kesehatan langsung kepada para pemudik pada saat hari Raya Idul Fitri 1439 H.  Diharapkan masyarakat dapat memanfaatkan pos kesehatan ini untuk mendapatkan pelayanan kesehatan dengan nyaman.