SOSIALISASI PELAYANAN KESEHATAN PRIMER DIREKTORAT PELAYANAN KESEHATAN PRIMER KEMENTERIAN KESEHATAN RI DENGAN WAKIL KETUA KOMISI IX DPR RI PUSAT

Tanggal : 16-Jul-2018 | Dilihat : 1137 kali

Padang Lawas Utara (13/07) - Sosialisasi Pelayanan Kesehatan Primer yang dihadiri oleh perwakilan Dinkes Padang Lawas Utara, Dinkes Provinsi Sumatera Utara,  Puskesmas Hutaimbaru dan masyarakat setempat, serta tim  dari Kementerian Kesehatan RI.

Acara dibuka oleh Kepala Bidang Binkesmas Dinas Kesehatan Padang Lawas Utara H. Ibrohim Harahap, SKM yang dilanjutkan oleh Tim dari Kementerian Kesehatan memberikan  paparan tentang program Indonesia Sehat dengan Pendekatan Keluarga  dalam hal ini tentang Donor Darah yang disampaikan oleh dr. Ganda Raja Partogi Sinaga, MKM dari Direktorat Pelayanan Kesehatan Primer Kementerian Kesehatan RI. Disampaikan olehnya tentang peran keluarga dalam pemeliharaan kesehatan, salah satunya seperti donor darah yang diikuti secara teratur agar kesehatan kita menjadi terpantau, menjaga kesehatan jantung dengan menurunkan kadar besi (Fe) dalam darah sehingga membantu menurunkan resiko terkena penyakit jantung dan stroke, meningkatkan produksi sel darah merah / regenerasi sel darah merah (pengganti darah baru sehingga metabolisme tubuh menjadi lancar) dan mendapatkan kepuasan secara psikologis, karena darah yang kita sumbangkan dapat menyelamatkan orang lain.

Pelayanan kesehatan yang diberikan juga meliputi Jaminan Kesehatan yang merupakan perlindungan kesehatan agar peserta memperoleh manfaat pemeliharaan kesehatan dan perlindungan dalam memenuhi kebutuhan dasar kesehatan yang diberikan kepada setiap orang yang telah membayar iuran atau iurannya dibayar oleh pemerintah yang diselenggarakan secara Nasional dan mengacu pada prinsip-prinsip SJSN.

Setiap penduduk wajib menjadi peserta Jaminan Kesehatan, dan untuk menjadi peserta diharuskan membayar iuran secara teratur kepada BPJS Kesehatan cabang terdekat, bagi yang tidak mampu membayar, iuran akan dibayarkan oleh Pemerintah.

Wakil Ketua Komisi IX DPR DR. H. Soleh Partaonan Daulay,M.Ag, M.Hum, MA menyampaikan bahwa tugas Negara adalah melingdungi segenap tumpah darah Indonesia dan memajukan kesejahteraan umum sedangkan tugas pejabat Negara adalah untuk melayani dan memberikan pelayanan kesehatan bersama BPJS kepada masyarakat yang benar-benar membutuhkan secara merata dan adil. Untuk itu kesehatan harus dimulai dari diri sendiri terutama kesadaran kita untuk hidup sehat dengan makan makanan yang bergizi yang mencakup empat sehat lima sempurna dan menghindari rokok. Dengan makanan yang bergizi akan melahirkan anak yang pintar. Peserta PBI ditetapkan oleh pemerintah, bukan mendaftarkan dirinya menjadi pesera PBI sehingga penduduk yang belum terdaftar sebagai PBI Jaminan Kesehatan dapan didaftarkan pada BPJS Kesehatan oleh Pemerintah Daerah, Provinsi, atau Pemerintah Daerah Kabupaten / Kota.

Pada acara tersebut dilaksanakan juga tanya jawab antara wakil DPR, Kementerian Kesehatan dengan peserta yang hadir. Selanjutnya Tim Kementerian Kesehatan berkunjung ke Puskesmas Hutaimbaru Padang lawas Utara untuk meninjau keadaan Puskesmas serta memberikan pembinaan kepada petugas Puskesmas agar lebih baik dalam melayani masyarakat dalam bidang kesehatan.