SKRINING LEGIONELLA

Tanggal : 13-May-2018 | Dilihat : 1206 kali

BBLK Palembang

Legionella adalah bakteri tipis, pleomorfik, berflagel dan merupakan bakteri negative. Bakteri yang berasal dari genus Legionella ini bisa menyebabkan penyakit Legionellosis. Legionellosis adalah merupakan penyakit infeksi bakteri akut yang bersifat new emerging diseases. 

Di indonesia kasus ini pernah terjadi pada sejumlah tempat, dari hasil survei tahun 2001 terdapat pada air menara sistem pendingin di hotel-hotel, dan hampir 20 % ditemukan dari petugas pengelola air menara sistem pendingin tersebut, hal ini terlihat dari hasil pemeriksaan laboratorium terhadap darah pada petugas yang terpajan bakteri  legionella. 

Bakteri legionella biasa hidup di air laut, air tawar, sungai, lumpur, danau, mata air panas, genangan air bersih, air menara sistem pendingin di gedung bertingkat, hotel, Spa, pemandian air panas, air tampungan system air panas  di rumah-rumah, air mancur buatan yang tidak terawat baik, adanya endapan, lendir, ganggang, jamur, karat, kerak, debu, kotoran atau benda asing lainnya. Koloni bakteri ini hidup subur menempel pada pipa-pipa karet dan plastik yang berlumut dan tahan terhadap kaporisasi dengan konsentrasi klorin 2-6 mg/l. Bakteri ini juga terdapat pada peralatan rawat di rumah sakit seperti alat bantu pernafasan. Standar Baku Mutu Legionella spp di air kolam renang, air spa adalah < 1 (unit  CFU/100 ml) dalam Permenkes RI No 32 tahun 2017. Standar Baku Mutu Kesehatan Lingkungan adalah spesifikasi teknis atau nilai yang dibakukan pada media lingkungan yang berhubungan atau berdampak langsung terhadap kesehatan masyarakat (Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 66 Tahun 2014 Tentang Kesehatan Lingkungan ).

Penularan bakteri legionella pada manusia bisa melalui pernapasan (udara) atau karena terminum air yang mengandung bakteri legionella. Penularan dapat pula melalui aspirasi air yang terkontaminasi, pertumbuhan langsung melalui peralatan terapi pernafasan dan pengompresan luka dengan air yang terkontaminasi. Masa inkubasi penyakit 1 – 10 hari. Keberadaan bakteri legionella di sarana rumah sakit yang tidak dikelola dengan baik juga dapat menimbulkan infeksi nosokomial. Bakteri legionella dapat menimbulkan infeksi  dengan gejala klinis yang bervariasi mulai dari yang ringan sampai  yang berat, mulai dari gejala flu sampai pneumonia yang mengakibatkan penyakit legionellosis (Jawets, 2001).

Balai Besar Laboratorium Kesehatan Palembang mampu melakukan pemeriksaan legionella dengan menggunakan metoda kultur yang merupakan baku emas pemeriksaan Legionella. 

Saran untuk skrining Legionela dilakukan 6 bulan sekali (Menurut PMK Nomor 1538 tahun 2003), adapun secara khusus pemeriksaan Legionella sebagai berikut :

  1. Air kolam renang
  2. Swab pipa alat bantu napas di ICU Rumah sakit, Pipa Nebulizer, Safety shower dan eye washer
  3. Air menara system pendingin udara (AC Central) di gedung bertingkat
  4. Di dalam  Peraturan Menteri Kesehatan RI Nomor 32 Tahun 2017 tentang Standar Mutu Kesehatan Lingkungan dan Persyaratan Kesehatan Air untuk Keperluan Higiene Sanitasi, Kolam Renang, Solus Per Aqua dan Pemandian Umum menjelaskan bahwa pemeriksaan Legionella spp untuk air SPA alami dan panas harus diperiksa setiap 3 bulan sekali
  5. Tandon air di supermarket.
  6. Petugas yang berhubungan dengan sarana tersebut diatas
  7. Sprinkler water (pipa air pemadam api/panas)

Bahan pemeriksaan berupa air, darah, urine, dahak atau sekret saluran napas. 

Daftar Pustaka

  1. Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 66 Tahun 2014 Tentang Kesehatan Lingkungan 
  2. Keputusan Menteri Kesehatan RI Nomor 1538/Menkes/SK/XI/2003 tentang Standar Pengelolaan Spesimen Legionella
  3. Peraturan Menteri Kesehatan RI Nomor 32 tahun 2017 tentang Standar Baku Mutu Kesehatan Lingkungan dan Persyaratan Kesehatan Air untuk Keperluan Higiene Sanitasi, Kolam Renang, Solus Per Aqua dan Pemandian Umum
  4. Sampling Procedure and Potential Sampling Sites, www.cdc.gov/legionella/outbreak-toolkit/ 06/2015 CS254961-A

Daftar Singkatan :

CFU = Colony Forming Unit yang artinya unit-unit atau satuan pembentuk koloni

ICU = Intensive Care Unit

Artikel